Genjot Pemasaran, BRG Dorong Produk UMKM Dipasarkan lewat Online

Rabu, 22 Juli 2020 - 16:02 WIB
Kedeputian Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG dorong pelaku UMKM dan BUMDes di desa-desa gambut meningkatkan pemasaran secara online. Foto/Istimewa
JAKARTA - Kedeputian Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut (BRG) RI mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa-desa gambut meningkatkan pemasaran produk usaha secara online.

(Baca juga: Duh, Ternyata Digitalisasi UMKM Kepentok Modal dan Akses Internet)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sub Kelompok Kerja Kemitraan, Resolusi Konflik Sosial dan Pengaduan BRG, Yuyus Afrianto, mengatakan, untuk memaksimalkan pengembangan UMKM dan BUMDes tersebut pihaknya menggelar Pelatihan Online Pengembangan Pemasaran Produk Desa Peduli Gambut (DPG) pada Selasa (22/7/2020) dan Jumat (24/7/2020) mendatang.



Yuyus menuturkan, kegiatan dilaksanakan atas kerja sama BRG dan PT Bukalapak.com. Diikuti 49 Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang berasal dari Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Sumatera Selatan. Pelatihan membahas pengenalan marketplace, tutorial dan praktik membuat akun toko online dan foto produk.



"Banyak produk yang dihasilkan kelompok masyarakat binaan BRG. Saat ini pandemi Covid-19 menyebabkan pemasaran produk UMKM banyak terganggu," kata Yuyus dalam pers rilis, Rabu (22/7/2020).

"Untuk itu BRG membantu kelompok mayarakat yang ada di Desa Peduli Gambut agar memasarkan produk mereka secara online, serta mengajak mereka bergabung di marketplace ini," tambah Yuyus yang juga didapuk jadi Ketua Panitia ini.

(Baca juga: Kini Giliran UMKM Pertanian yang Bakal Digarap Secara Digital)

Setelah dilakukan pendataan, masih ditemukan UMKM binaan BRG yang menjual produknya secara konvensional. Padahal, kata dia, saat ini semuanya serba digital. Jadi penting sekali beradaptasi dengan pasar daring.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More