Polemik Israel, Endang Tirtana: Mengubah Peta Politik Indonesia Menuju 2024

Senin, 03 April 2023 - 18:05 WIB
"Ini menunjukkan Jokowi ingin mencoba mengawinkan KIB dan KKIR dalam satu perahu. Koalisi besar ini kemungkinan akan mengusung calon presiden yang dinilai bisa melanjutkan program Jokowi di masa mendatang," ujarnya.

Sementara itu dijelaskan Endang, Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan makin mesra. Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat sudah makin mantap untuk mengerucutkan nama calon Wakil Presiden untuk mendampingi Anies.

Jadi kecil kemungkinan, kata Endang, akan ada partai lain bergabung dalam Koalisi Perubahan. "Sementara PDIP kemungkinan akan maju dengan calonnya sendiri. Apakah Ganjar atau Puan Maharani, kita lihat nanti keputusan Ibu Megawati Soekarnoputri," jelasnya.

Melihat kondisi pascapolemik Timnas Israel, kemungkinan akan ada tiga bakal capres yang berkompetisi di Pilpres 2024. KIB yang semula dikabarkan akan menjadi sekoci untuk Ganjar maju di Pilpres 2024, kemungkinan akan berganti nakhoda.

KIB dan KIR kata Endang, akan menjadi satu perahu besar mengusung capres yang merepresentasikan sikap politik Presiden Jokowi.

"Kemungkinan akan ada tiga paslon. Gabungan KIB dan KKIR akan menjadi koalisi yang mengusung calon presiden pilihan Jokowi," tutup Endang.

Untuk diketahui, penolakan terhadap Timnas Israel di Piala Dunia U-20 juga disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster.
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More