Pemotongan THR PNS Jangan Kontraproduktif

Senin, 03 April 2023 - 11:15 WIB
Namun sejatinya opsi memberikan tukin penuh atau subsidi memiliki sisi positif yang lebih luas. Tak hanya membuat PNS lebih tenang, pembelanjaan uang THR juga membuat perputaran ekonomi kian tinggi. Perputaran inilah yang justru bisa mereduksi potensi resesi atau beragam kekhawatiran efek ekonomi akibat geopolitik global.

Di luar opsi-opsi di atas tentu banyak strategi lain yang bisa dilakukan. Namun yang jelas kebijakan soal THR sudah selayaknya dipikirkan sangat matang. Kebijakan harus dibuat komprehensif dan sistemis. Jangan sampai niat mulia pemerintah melakukan penghematan justru berakibat kontraproduktif seperti loyonya semangat bekerja hingga kerepotan finansial bagi pegawai.

Pemerintah perlu hati-hati dan cermat. Apalagi khusus soal tukin ini juga telah banyak memicu kecemburuan. Musababnya ada segelintir kementerian seperti Kementerian Keuangan yang tukinnya sangat tinggi, sementara di kemanterian lain tidak demikian.

Disparitas ini sangat mudah dipahami jika memang sebuah lembaga atau kementerian menunjukkan kinerja yang membanggakan. Namun sederet persoalan yang ditunjukkan para pegawai dan keluarganya yang hidup bermewah-mewah bahkan diduga perolehannya tak wajar membuat masyarakat tak mudah percaya.
(ynt)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More