TGB Sebut Ada 3 Dimensi Ramadan yang Perlu Diingat Umat Islam

Rabu, 22 Maret 2023 - 18:07 WIB
Selain itu, TGB mengatakan Ramadan juga mengajarkan pengendalian diri dan pengendalian diri itu adalah salah satu hal yang sangat diperlukan dan dipentingkan untuk segenap bangsa Indonesia. “Kita perlu membangun pengendalian diri yang baik, di dalam kita berucap, di dalam kita bersikap, di dalam kita berperilaku karena banyak hal yang sebenarnya merupakan kekayaan,” ujar mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) ini.

Menurut TGB, khazanah dalam berbangsa dengan keragaman yang luar biasa bisa saja terganggu ketika anak bangsa tidak mampu mengendalikan diri dalam bersikap dan berkomentar. Apalagi di era media sosial (medsos) seperti ini, semua orang bisa berkomentar hanya dengan mengetikan jarinya, karena semua punya medsos. “Apakah dengan semangat pengendalian diri yang dibawa oleh Ramadan, mudah-mudahan kita bisa lebih membangun situasi yang kondusif, yang lebih tenang, jauh dari hoaks, jauh dari saling mencerca satu sama lain,” harapnya.

TGB menambahkan, pengendalian diri ini lebih relevan lagi kalau bangsa Indonesia ingat bahwa ada beragam agenda nasional ke depan, termasuk agenda yang paling dekat yakni Pemilu 2024 yang akan digelar 11 bulan lagi. “Ada agenda demokrasi kita dan itu membutuhkan pengendalian diri yang kuat agar kita bisa mengarahkan energi kita ke arah yang positif, dan tidak terjebak pada saling mencerca dan saling memojokkan satu sama lain,” pesan TGB.

“Saya pikir kalau kita memaknai Ramadhan dengan beragam ini dimensi keagamaannya, dimensi kemanusiaannya, dimensi kebangsaannya, maka insyaallah Ramadan akan menjadi bulan yang berkah untuk kita semua bangsa Indonesia,” harapnya.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More