Gencarkan Gerakan Zakat dan Wakaf, Kemenag Gandeng Mahasiswa Jadi Influencer

Kamis, 16 Maret 2023 - 17:07 WIB
Tarmizi menyebutkan ada 5 langkah strategis kolaborasi mahasiswa Manajemen Zakat Wakaf bersama Kemenag untuk membentuk SDM pengelola zakat wakaf yang prima. Pertama, perlunya sertifikasi Amil dan Nazhir bagi mahasiswa sebagai bekal pendamping ijazah ketika wisuda, lalu di dilanjutkan dengan pendirian laboratorium zakat wakaf sebagai praktikum mahasiswa.

Langkah ketiga, menciptakan harmonisasi yang baik dalam kolaborasi kampus dengan BAZNAS, LAZ, BWI dan Nazhir diprogram magang kampus sehingga terciptanya korelasi teori dan praktik. Keempat, disediakan atau tersedia lokasi kuliah kerja nyata (KKN) bagi mahasiswa di lokasi pemberdayaan zakat, kampung zakat, dan program wakaf produktif.

“Dan kelima, mahasiswa bisa berkontribusi sebagai pendamping proses sertifikasi tanah wakaf bagi sebagai pengamanan aset wakaf sehingga 45% tanah wakaf dapat tersertifikatkan,” jelas Tarmizi.

Rencananya, Direktorat Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kemenag akan meningkatkan intensitas kegiatan literasi sekaligus edukasi ke mahasiswa seluruh Indonesia agar pemahaman akan pentingnya zakat dan wakaf bagi umat.



“Kami yakin, mahasiswa sebagai speaker sekaligus influancer, mampu memberikan pemahaman penuh dan utuh terkait zakat-wakaf ke segenap rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mulai Miangas hingga Pulau Rote,” pungkas Tarmizi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(kri)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More