Generasi Muda Diminta Berkontribusi Kembangkan Digitalisasi UMKM

Selasa, 14 Maret 2023 - 16:24 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Subarna mengimbau anak muda diminta mengembangkan digitalisasi UMKM. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Generasi muda diminta berkontribusi dalam mengembangkan digitalisasi Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ). Hal itu penting mengingat UMKM selain menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia juga mampu membuka lapangan pekerjaan hingga 65%.

Tingginya kontribusi UMKM mendorong perlunya transformasi bisnis tradisional tersebut menjadi lebih modern melalui penguasaan kemampuan teknologi. Untuk itu, anak muda diharapkan berkontribusi mempercepat pertumbuhan tersebut. Generasi muda diharapkan dapat mengubah mindset bisnis konvensional tersebut menjadi bisnis modern dengan mengandalkan teknologi.

Peran penting generasi muda dalam mengembangkan digitalisasi UMKM ini dikupas tuntas dalam acara. Ngobrol Bareng Legislator (Ngobras) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama anggota DPR RI Komisi I dengan tema “Generasi Muda Digital Peduli UMKM”.



Anggota Komisi I DPR RI Subarna mengimbau anak muda zaman sekarang jangan hanya bercita-cita menjadi pegawai negeri atau Aparatur Sipil Negara (ASN), tetapi juga harus berpikir bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan dengan mengembangkan bisnis UMKM.





“Semua itu harus didukung oleh kemampuan menguasai teknologi digital agar mampu bersaing dengan bisnis lain yang lebih kompetitif. Penguasaan teknologi digital memudahkan perluasan jaringan pemasaran, lebih mudah pendistribusian, mempermudah sistem pembayaran, serta mempermudah analisa pasar,” katanya.

Dunia pasca pandemi Covid -19 merupakan digitalisasi, hal itu dibuktikan dengan penggunaan aplikasi khususnya e-commerce pada era new normal mencapai angka 78,2% disusul penggunaan sosial media, productivity Apps dan entertainment.

Business Strategic and Leadership Coach Lasya Miranti, menjelaskan jika kondisi ini terjadi karena pada saat pandemi, banyak pelaku bisnis yang melakukan migrasi penjualannya secara online. Hal itu dikarenakan konsumen lebih memilih menggunakan aplikasi yang memudahkan aktivitas keseharian mereka.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More