Mewujudkan Perdamaian Dunia

Selasa, 05 Mei 2015 - 08:20 WIB
Mewujudkan Perdamaian...
Mewujudkan Perdamaian Dunia
A A A
Ahmad Fauzi
Mahasiswa Jurusan Gizi Masyarakat. Institut Pertanian Bogor

Indonesia sebagai bangsa yang merdeka tidak pernah lupa akan sejarahnya dalam mencapai kemerdekaan bagi rakyatnya.

Saat ini Indonesia telah menjadi bagian masyarakat internasional yang memiliki kontribusi untuk menciptakan dan mewujudkan perdamaian di dunia. Di dalam lembaga internasional maupun forum dunia, Indonesia memiliki peran strategis untuk menyuarakan dan mendukung kemerdekaan bangsa lain yang masih terjajah dan membantu mengurai ketegangan dunia.

Salah satu di antaranya menjadi bagian penting dari Konferensi Asia-Afrika (KAA). Sejak diselenggarakan KAA pertama kali dan terlahir Dasasila Bandung pada 1955, Indonesia telah memfasilitasi negara-negara Asia-Afrika untuk menghormati hak-hak dasar manusia dan saling menghormati kedaulatan dan kemerdekaan suatu bangsa.

Jelas dari keputusan tersebut dapat mengurangi ketegangan dunia dan mendorong para negara penjajah untuk memberikan kebebasan secara penuh terhadap bangsa yang dijajahnya. Selama peringatan 60 tahun KAA yang diselenggarakan di negeri ini, Indonesia mengingatkan kembali pada para peserta konferensi bahwa mereka masih memiliki hutang terhadap negara yang belum memperoleh kedaulatan penuh maupun kemerdekaan yang menjadi hak dasar bagi setiap bangsa.

Hal tersebut tentu saja menjadi suatu hal yang menstimulus para delegasi negara Asia-Afrika untuk memperkuat solidaritas dalam mewujudkan perdamaian di dunia. Hasil konferensi ini juga dapat dijadikan titik balik semangat untuk membangun dan meningkatkan hubungan bilateral maupun multilateral negaranegara peserta. Selain penguatan kerja sama selatan-selatan dan penyegaran kemitraan strategis baru Asia-Afrika, hasil KAAtahuninitetapkonsistenuntukmenyerukanperdamaian, kemakmuran, dan kemerdekaan bagi anggotanya.

Para anggota KAA menyepakati deklarasi Palestina. Selain melalui KAA, Indonesia juga berperan penting dalam tercipta perdamaian di dunia melalui Gerakan Nonblok (GNB) maupun menjadi anggota PBB. Indonesia pernah dipilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB dan membantu memelihara perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan keamanan dan perdamaian dunia di bawah bendera PBB.

Hal tersebut menunjukkan bahwa sejak dulu bangsa ini telah berkontribusi dan memiliki komitmen yang kuat sebagai bangsa yang cinta damai. Dengan demikian, bangsa dan negeri ini telah berbuat banyak dalam dunia internasional dalam mewujudkan perdamaian dunia.

(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)