Pesan SBY di KPAA: Semangat Asia Afrika Tidak Pernah Hilang

Kamis, 23 April 2015 - 14:09 WIB
Pesan SBY di KPAA: Semangat...
Pesan SBY di KPAA: Semangat Asia Afrika Tidak Pernah Hilang
A A A
JAKARTA - Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ikut berkomentar ihwal peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) yang tengah digelar di Indonesia.

SBY mengatakan, peringatan KAA dilaksanakan pada waktu yang tepat di mana dunia tengah mengalami kejadian-kejadian luar biasa. Ia berharap, melalui KAA seluruh negara di dua kawasan dapat bekerjasama untuk menghadapi perubahan.

"Timingnya bagus, dunia sedang alami pancaroba, banyak kejadian di belahan bumi yang tak kita kehendaki seperti di Timur Tengah, Afrika, Asia dan tempat lain. Forum ini memang baik digunakan untuk memastikan kita bisa bekerjasama," ujar SBY di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (23/4/2015).

Menurut SBY, semangat Asia Afrika yang didengungkan di Bandung 60 tahun lalu, masih sama dengan kondisi kekinian. Di era kemerdekaan seperti saat ini, menurutnya spirit keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan harus tetap disebarkan.

"Saya katakan, semangat Asia Afrika tidak pernah hilang, fighting for peace, fighting for justice, and for prosperity. Kalau dulu antikolonialisme dan antipenjajahan, sekarang setelah kita merdeka kita tetap fight for justice atau keadilan, juga perdamaian dan kesejahteraan," tutur SBY.

Melalui pidatonya, SBY secara praktis juga menyampaikan apa saja yang dapat dilakukan negara-negara di Asia dan Afrika di tengah iklim dunia yang tengah berubah ini.

"Mudah-mudahan KAA dapat bawa angin baru dalam percaturan global dan semoga rakyat Indonesia dapat benefit lebih dari kerja sama untuk kita jaga baik-baik," tutup SBY.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6197 seconds (0.1#10.140)