Politik yang Tak Pernah Berbenah

Rabu, 22 April 2015 - 11:32 WIB
Politik yang Tak Pernah Berbenah
Politik yang Tak Pernah Berbenah
A A A
AWALUVIA NURMALITA
Mahasiswi Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan,
Universitas Muhammadiyah Malang

Hampir setiap hari televisi dan media cetak tak pernah absen menayangkan berita-berita tentang politik. Kita bisa melihat di berita tersebut orang-orang yang berkewajiban memperjuangkan hak rakyat yang seharusnya menjadi contoh yang baik untuk rakyatnya malah bertingkah sebaliknya.

Seperti salah satunya kasus korupsi yang berulang terjadi di Indonesia. Kasus korupsi di Indonesia tidak dapat dilepaskan dalam dunia politik. Pemimpin-pemimpin rakyat yang seharusnya menjadi contoh yang baik malah memberikan contoh yang buruk untuk rakyatnya. Lalu, kepada siapa rakyat harus percaya?

Mengembalikan kepercayaan bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Rasa kepercayaan akan luntur apabila kepercayaan itu telah ternodai oleh satu kesalahan. Namun, yang terjadi di Indonesia, bukanlah sekali kepercayaan rakyat dinodai, namun itu terjadi berkali-kali dan menjadi makanan sehari-hari rakyat Indonesia.

Apabila masalah-masalah politik tetap berlarut-larut terjadi di Indonesia, dapat dipastikan kepercayaan rakyat terhadap pemerintahan di Indonesia akan hilang. Ke depan rakyat tidak akan merasa terkejut apabila kejadian seperti korupsi terjadi di mana-mana karena rakyat telah terbiasa dengan masalah-masalah tersebut.

Maka itu, tidak heran apabila demo-demo dan kekisruhan akan lebih sering dijumpai di Indonesia. Selain itu, masalahmasalah kemiskinan, kekurangan gizi, tindak kejahatan di Indonesia juga akan semakin bertambah apabila pemerintah tidak mulai berbenah dari sekarang ini. Menjadikan negara Indonesia yang bersih dari korupsi bukanlah hal yang mudah karena korupsi sudah berakar di dunia politik Indonesia.

Perlunya pembersihan korupsi sampai ke akar-akarnya adalah salah satu solusi untuk menaikkan kepercayaan rakyat terhadap pemerintahan Indonesia. Melihat rakyat percaya kepada pemerintah dan pemerintah dapat menjaga kepercayaan rakyat adalah harapan semua rakyat Indonesia. Indonesia perlu belajar dari negara Denmark dan Selandia Baru karena dua negara ini masih dikatakan sebagai negara paling bersih dari praktik pejabat korup.

Berguru kepada negara yang lebih baik dari negara kita adalah hal terbaik yang dapat dilakukan. Pentingnya pemimpin yang jujur dan dapat menjaga amanah adalah salah satu faktor pendukung yang dapat menentukan nasib Indonesia ke depan lebih baik, bukan pemimpin yang hanya bermodal janji- janji manis dan membuat nasib rakyat yang telah mengalami kesusahan menjadi bertambah susah.
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7868 seconds (0.1#10.140)