Bila Terkait Megawati, Jokowi Selalu Dilematis

Selasa, 21 April 2015 - 07:35 WIB
Bila Terkait Megawati,...
Bila Terkait Megawati, Jokowi Selalu Dilematis
A A A
JAKARTA - Kedekatan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dengan Menkumham Yasonna Laoly ditengarai akan menjadi ganjalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan reshuffle.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Ahmad Bakir Ihsan mengatakan, berbagai kritik yang dilontarkan ke Menkumham Yasonna akibat keputusannya yang keliru harus ditindaklanjuti serius oleh Jokowi.

"Sebelum reshuffle ada evaluasi sebagai catatan masing-masing menteri untuk memperbaiki kinerjanya. Kalau juga tidak bisa, Jokowi bisa mengkomunikasikannya dengan Megawati sebagai pengusung kader-kader PDIP di kementerian," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Selasa (21/4/2015).

Menurutnya, jika Jokowi tidak berani maka tinggal memilih membiarkan citranya terus turun karena ulah menterinya atau mengganti menterinya dengan sosok profesional, sebagaimana dijanjikan waktu kampanye yang bisa memulihkan citranya yang mulai turun.

"Kalau sudah terkait dengan Megawati, tidak mudah bagi Jokowi. Ini konsekuensi dari kader partai yang tingkat patronagenya sangat kuat," jelasnya.

Kendati demikian, dia menilai kunci dari reshuffle menteri-menteri asal PDIP yang dianggap tidak efektif kinerjanya ada pada komunikasi yang dibangun Jokowi dan Megawati.

"Jokowi harus bisa menunjukkan dirinya sebagai kepala negara dan partai adalah bagian, bukan di atas negara," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)