Pemerintahan Jokowi-JK Parameter Keberhasilan Kongres IV PDIP

Senin, 13 April 2015 - 14:11 WIB
Pemerintahan Jokowi-JK Parameter Keberhasilan Kongres IV PDIP
Pemerintahan Jokowi-JK Parameter Keberhasilan Kongres IV PDIP
A A A
JAKARTA - Terminologi petugas partai adalah langkah untuk memastikan agar jalan Trisakti dan program Nawa Cita terimplementasi dalam setiap kebijakan yang dibuat Pemerintahan Joko Wido-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Maka itu, dapat dipahami kenapa Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri merasa penting untuk menegaskan terminologi petugas partai dalam pidato pembukaan dan penutupan Kongres ke IV PDIP di Bali.

"Hal tersebut harus bersifat mengikat kader-kader partai yang menduduki jabatan strategis di pemerintahan baik eksekutif, legislatif maupun jabatan terkait lainnya," ujar pengajar Ilmu Politik dan Pemerintahan, Universitas Padjadjaran, Bandung‎, Muradi, dalam siaran persnya, Senin (13/4/2015).

Dia menilai, Kongres ke IV PDIP bisa dikatakan meraih keberhasilannya jika partai itu dapat memastikan Pemerintahan Jokowi-JK mempraktikkan jalan Trisakti serta strategi Nawa Cita hingga akhir masa pemerintahan.

"Petugas partai lebih pada penegasan kader-kader partai yang menduduki jabatan strategis di pemerintahan, baik eksekutif maupun legislatif untuk bekerja dalam skema platform partai yang berbasis pada konstitusi. Yang mana muara untuk mensejahterakan rakyat adalah dalam skema tersebut," tukasnya.

Menurutnya, tantangan ke depan PDIP adalah, apakah masih memberikan kesempatan kepada kadernya yang menjadi petugas partai segera mengimplementasikan jalan Trisakti dan Nawa Cita.

"Atau kemudian mendesakkan pentingnya melakukan pergantian sejumlah menteri agar kebijakan yang dibuat lebih efektif dengan jalan Trisakti dan program Nawa Cita," tandasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6695 seconds (0.1#10.140)