Cyrus Network: Jokowi Dilema Masih di Bawah Mega

Rabu, 08 April 2015 - 22:55 WIB
Cyrus Network: Jokowi Dilema Masih di Bawah Mega
Cyrus Network: Jokowi Dilema Masih di Bawah Mega
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam situasi yang sedang dilema. Pasalnya, posisi Jokowi sebagai orang nomor satu di Indonesia belum sepenuhnya sebagai pemimpin, terutama di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Jokowi berada dalam posisi dilema, simalakama. Walaupun Jokowi seorang Presiden, tapi dia tidak punya kekuatan politik seperti Megawati," kata Direktur Cyrus Network Hasan Nasbi di Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Kemudian, kata dia, kalau Jokowi ingin mengajukan sebagai calon Ketua Umum PDIP, orang nomor satu di Indonesia itu juga ibarat jilat ludah sendiri. Karena, Jokowi pernah menyatakan pejabat di pemerintahannya tidak boleh rangkap jabatan politik.

"Itu juga salah satu yang membuatnya dilema. Dia baru sadar, kalau jabatan politik itu penting," pungkasnya.

Kalaupun Jokowi ingin melawan Mega untuk memimpin PDIP, lanjut dia, mantan Wali Kota Solo itu belum bisa. Karena, Jokowi masih di bawah Megawati.

"Makom Mega masih berada di atas Jokowi. Karena, Megawati masih bisa ngatur-ngatur Jokowi karena dia punya kontrol partai politik," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie mengatakan, Jokowi juga termasuk figur di PDIP. Karena, berkat jasa Jokowi suara partai itu pada Pemilu 2014 naik.

"Suara naik itu karena rakyat dukung Jokowi. Partai politik tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan rakyat," Tukasnya.

Karena, sambungnya, pemilihan presiden tahun lalu itu Jokowi dipilih oleh rakyat bukan oleh partai politik (parpol). Jadi, secara tidak langsung naiknya suara PDIP itu berkat sumbangsi Jokowi.

"Walaupun dia (Jokowi) dicalonkan partai. Tapi yang menjadikan dia adalah rakyat bukan partai," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4474 seconds (0.1#10.140)