Mengembangkan Micro Finance Syariah

Senin, 06 April 2015 - 10:47 WIB
Mengembangkan Micro Finance Syariah
Mengembangkan Micro Finance Syariah
A A A
Tak mau ketinggalan dengan bank konvensional, perbankan syariah saat ini juga ramai masuk ke pasar keuangan mikro.

Hasilnya, bank yang masuk ke sektor ini mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Pengamat ekonomi syariah Adiwarman Azwar Karim mengatakan, micro finance ini sistem yang paling sesuai untuk Indonesia.

Saat ini para bankir syariah tidak hanya melirik pangsa pasar yang 4%, tetapi juga sudah mulai berpikir berapa banyak orang yang bisa dilayani bank syariah. ”Maka, saat ini berkembang microfinance yangberbasissyariah,” kata dia kepada KORAN SINDO .

Menurut Adiwarman, ekonomi syariah akan terus berkembang di Indonesia seiring dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan mengeluarkan peraturan baru yakni uang muka untuk multi finance syariah nilainya lebih kecil dibandingkan multi finance konvensional.

Pada 2015, lanjut Adiwarman, akan banyak sekali komponen yang mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia. Pertama, Indonesia akan menjadi ketua Islamic Financial Services Board (IFSB) yaitu sebuah organisasi yang menetapkan standar internasional yang menyusun aturan industri keuangan syariah (perbankan, pasar modal, dan asuransi) yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas industri keuangan syariah.

Kedua, dengan ada rencana dari Kementrian Agama (Kemenag) yang akan mengalokasikan dana haji melalui instrumen syariah baik melalui bank syariah ataupun sukuk. Ketiga , akhir 2015 Indonesia akan menjadi ketua dari Islamic Development Bank (IDB).

”Tahun ini juga akan dibentuk komite nasional keuangan syariah sebagai forum koordinasi lintas lembaga dan kementerian, sekretariatnya di Bappenas. ini pertama kali dalam sejarah Indonesia, akan ada banyak kejadian tahun ini. Banyak kegiatan banyak kegiatan yang dilakukan secara bersamaan dalam mengembangkan sektor ekonomi syariah dan itu akan membuat ekonomi syariah di Indonesia semakin besar,” tuturnya.

Dia menambahkan, tahun ini juga ada upaya mendirikan Mega Infrastruktur Islamic Bank yang merupakan bank syariah terbesar di dunia. ”Pembangunan Mega Instruktur Islamic Bank merupakan pertama dan terbesar di dunia. Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar di dunia, yang sahamnya sebagian besar dimiliki oleh IDB,” katanya.

Robi ardianto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6881 seconds (0.1#10.140)