Junjung Budaya Nusantara lewat Lari

Senin, 23 Maret 2015 - 10:03 WIB
Junjung Budaya Nusantara...
Junjung Budaya Nusantara lewat Lari
A A A
JAKARTA - Event Nusantara Run yang digelar KORAN SINDO di Plaza Tenggara Senayan, Jakarta, kemarin, berlangsung semarak.

Ribuan peserta lari dengan menggunakan beragam kostum yang unik memeriahkan acara ini. Kemeriahan semakin lengkap dengan suguhan tari-tarian daerah, lagu daerah hingga stan maupun kuliner Nusantara. Nusantara Run dibuka dengan suguhan tari ronggeng. Sebelum berlari, para peserta secara bersama-sama terlebih dulu menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Tepat pukul 06.45 WIB, bendera start dilepas Direktur Utama KORAN SINDO Sururi Alfaruq. Dia mengatakan, Nusantara Run adalah kegiatan lari yang kental dengan budaya Nusantara. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengingatkan bahwa Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang dapat dinikmati masyarakat sendiri.

”KORAN SINDO melalui kegiatan Nusantara Run ingin membangkitkan semangat masyarakat untuk mengenal lebih dalam budaya lokal Indonesia yang sangat beragam di tengah derasnya budaya asing yang masuk ke negara ini,” papar Sururi Alfaruq. Melihat tingginya sambutan peserta pada event ini, tahun depan KORAN SINDO juga berencana menggelar kegiatan serupa.

”Tahun depan kami akan menyelenggarakan kegiatan yang sama, tetapi dengan skala yang lebih besar dan lebih meriah sehingga seluruh daerah dapat menampilkan kebudayaan masing-masing,” ujarnya. Nusantara Run tahun ini melombakan lari dengan dua kategori, yakni lari santai 5 km dan lari tematik dengan menggunakan pakaian daerah. Ribuan peserta kemarin berlari sambil mengenakan kebaya, blangkon, batik, ikat kepala hingga kostum unik.

Beberapa peserta bahkan terlihat mengombinasikan pakaian daerah. Misalnya yang dilakukan Putri bersama komunitasnya dari Komunitas Sari Indonesia Traveler. ”Komunitas kami sangat antusias untuk mengikuti Nusantara Run karena ini adalah kegiatan lari pertama yang bisa menggunakan pakaian daerah,” tutur Putri.

Putri bersama dengan komunitasnya dibantu Famous Costume mengenakan pakaian daerah, di antaranya kombinasi pakaian Padang-Bali, Dayak-Papua, dan kostum tari merak- Jawa Barat. Putri mengaku meskipun kostum pakaiannya cukup berat, dia sangat antusias untuktetapberlari.”Untukhiasan kepala saja beratnya mencapai sekitar 2,5 kg. Ya memang berat, tapi saya masih semangat untuk berlari,” kata Putri.

Adriansyah, 39, salahsatupeserta, jugamencuriperhatiankarena mengenakan konsep unggas. Dengan mengenakan kostum layaknya seekor burung, Adriansyah berusaha memenangi lomba dengan kategori kostum menarik. Dia cukup berhasil menjadi magnet dengan kostum burungnya yang mencapai 3 meter. Puluhan peserta lain pun mendekatinya untuk meminta berfoto bersama.

Adriansyah mengusung tema kostum dari suku Dayak di Kalimantan. Idenya muncul tiga pekan lalu, tetapi baru dieksekusi malam hari sebelum acara. Pagi kemarin, kostum Adriansyah terlihat mencolok dengan modifikasi sayap yang lebarnya lebih dari 2 meter. Tak cukup dengan tambahan sayap, dia juga tak lupa membawa perisai khas Dayak. ”Biar kontemporer saja,” katanya. Dengan menggendong kostum yang beratnya sekitar 10 kg, dia kemarin mampu berlari sejauh 5 km dengan waktu sekitar 36 menit. ”Kalau tanpa beban saya bisa lebih cepat, sekitar 25 menitlah,” katanya.

Kegiatan Nusantara Run juga menumbuhkan kecintaan seni tari tradisional bagi anakanak. Hal itu terlihat dari tari betawi yang ditampilkan oleh lima penari cilik dengan iringan lagu Lenggang Kangkung di awal acara. Mereka menari dengan penuh semangat menunjukkan keahliannya menampilkan tarian tersebut. Selain kostum lari dan tari tradisional, Nusantara Run juga dipenuhi stan-stan yang menjajakan makanan dari berbagai daerah seperti gudeg, pempek, coto makasar, serta aneka kue dan minuman tradisional.

Ada pula stan pakaian yang menjual pakaian daerah dengan segala pernik-pernik etniknya. Seusai menyentuh garis finis, peserta dihibur dengan penampilan sejumlah artis ternama. Di antaranya Irma Darmawangsa, Duo Kopi Susu, Oza Kioza, Devy Berlian, LyndaMoy, AsbakBand, Lights On, dan MV Chopper. Acara ini juga dibanjiri doorprize bagi para peserta dengan total hadiah hingga Rp25 juta.

Tak hanya itu, sejumlah peserta yang beruntung kemarin pulang membawa suvenir menarik yang disediakan pihak sponsor.

Dwi nur ratnaningsih/ Sindonews.com/ okezone.com
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)