Inggris Segera Wujudkan Laguna Pembangkit Listrik

Minggu, 22 Maret 2015 - 10:10 WIB
Inggris Segera Wujudkan Laguna Pembangkit Listrik
Inggris Segera Wujudkan Laguna Pembangkit Listrik
A A A
Inggris sedang membahas rencana mewujudkan laguna pembangkit listrik buatan manusia yang mampu menerangi 120.000 rumah selama 120 tahun.

Proyek senilai 1 miliar poundsterling ini akan dibangun di Swansea, Inggris. Laguna pembangkit listrik ini seperti danau buatan di tepi pantai yang menangkap arus bawah laut untuk menggerakkan turbin-turbin penghasil listrik.

Sejak Desember lalu Menteri Energi Inggris Ed Davey mengumumkan bahwa pembahasan tentang proyek itu sudah dimulai. ”Laguna arus bawah laut dapat menyediakan 8% kebutuhan listrik kita, menggantikan bahan bakar fosil yang diimpor dari luar negeri dengan listrik ramah lingkungan di dalam negeri, serta menciptakan peluang ekonomi yang fantastis,” ujarnya.

Kementerian Energi Inggris menyatakan, negosiasi yang masih berlangsung menyangkut tarif listrik yang dihasilkan dari laguna tersebut. Proyek ini juga masih menjadi pembahasan untuk keputusan perencanaan pemerintah.

Biaya untuk proyek itu akan sangat tinggi, tapi perusahaan yang ada di belakang rencana ini menyatakan, lima laguna lain yang akan dibangun akan memproduksi listrik dengan tarif yang lebih murah.

Usulan lokasi untuk laguna lainnya berada di Cardiff, Newport, dan Teluk Colwyn di Wales; Bridgwater di Somerset; dan West Cumbria.

Syarifudin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7770 seconds (0.1#10.140)