PAN Diprediksi Tiru Demokrat Non Blok

Jum'at, 20 Maret 2015 - 17:28 WIB
PAN Diprediksi Tiru Demokrat Non Blok
PAN Diprediksi Tiru Demokrat Non Blok
A A A
JAKARTA - Posisi politik Partai Amanat Nasional (PAN) diprediksi bergeser seperti Partai Demokrat. Yakni, tak berada di Koalisi Merah Putih (KMP) maupun di Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Hal demikian menurut Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Pangi Syarwi Chaniago menanggapi sikap PAN yang tak ambil bagian dari rencana KMP dalam mengajukan hak angket terhadap Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna
Laoly.

Pangi berpendapat, sikap PAN yang tak ambil bagian dalam mengajukan hak angket itu dalam rangka meningkatkan posisi tawarnya. "PAN bergeser posisinya seperti Partai Demokrat, tidak di gerbong KMP dan KIH," ujarnya kepada Sindonews, Jumat (20/3/2015).

Dia mengatakan, yang mengancam kestabilan KMP adalah keputusan Menkumham Yasonna yang mengesahkan kepengurusan Partai Golkar kubu Agung Laksono. "KMP bisa terancam bubar," imbuhnya.

Dirinya menambahkan, KMP tanpa Partai Golkar tak akan berarti. "Bagaimana mungkin bisa menjadi parpol oposisi berada di luar pemerintah, setiap votting selalu kalah di parlemen, sama aja bohong
dan tak ada artinya nanti," ungkapnya.

Maka itu, kata dia, posisi KMP tak akan diperhitungkan lagi jika situasinya demikian. "KMP tanpa Golkar seperti ada namun keberadaannya tak dirasakan," pungkasnya.(ico)
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6349 seconds (0.1#10.140)