Ketahanan Pangan Negara Agraris

Sabtu, 14 Maret 2015 - 12:35 WIB
Ketahanan Pangan Negara Agraris
Ketahanan Pangan Negara Agraris
A A A
IZZUDIN AL FARRAS ADHA
Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi,
Fakultas Ekonomi,
Universitas Indonesia

Indonesia yang terkenal sejak dahulu kala sebagai negara agraris merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa ini. Kalau kita coba lihat dari sejarah bangsa ini, Kerajaan Majapahit telah membuktikan kedigdayaannya di wilayah Nusantara selama 200 tahun karena salah satunya adalah kemampuannya dalam mengelola bidang pangan.

Namun apabila berbicara mengenai pangan Indonesia hari ini, kita akan menemukan keprihatinan di dalamnya. Persoalan pangan Indonesia pada contohnya adalah impor berbagai produk pangan yang sebenarnya tidak diperlukan sehingga meningkatkan kebergantungan Indonesia pada negara lain. Selain itu, ada proses distribusi yang buruk, teknologi pangan rendah, kesejahteraan petani minim, dan lain-lain.

Pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat sudah seharusnya berkolaborasi untuk bergerak membuat karya demi pangan Indonesia yang lebih baik lagi ke depannya. Pemerintah Indonesia yang belum genap setengah tahun menjalankan roda pemerintahan dalam hal ini harus menjadikan kembali pangan kita yang kuat dan jaya. Berbagai strategi untuk membangkitkan pangan Indonesia harus dijalankan.

Jangan sampai programprogram pemerintah terkait pangan ini kemudian diintervensi oleh pihak-pihak yang ingin meruntuhkan kedaulatan pangan Indonesia. Tidak lupa pula kesejahteraan para petani yang harus terus ditingkatkan demi tercapainya Indonesia yang sejahtera.

Selain itu, kita sebagai masyarakat juga sudah seharusnya berperan aktif dalam program-program pembangunan pemerintah yang terkait dengan pangan. Contoh kontribusi aktif yang dapat kita berikan adalah ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pemerintah yang bertujuan baik untuk pangan Indonesia,

terus memantau dan mengawasi kinerja pemerintahan terkait, dan membantu saudara-saudara kita para petani dalam berbagai bentuk karya. Indonesia ke depan harus mampu mandiri dalam bidang pangan, karena pangan merupakan salah satu sektor kehidupan yang sangat vital perannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Semoga kita mampu mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia tercinta!
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4543 seconds (0.1#10.140)