Online Dating di Layar Lebar

Sabtu, 14 Februari 2015 - 09:39 WIB
Online Dating di Layar Lebar
Online Dating di Layar Lebar
A A A
CINTAdatang dari mana saja, tak terkecuali dari internet. Ada beberapa film yang bercerita soal perkenalan dua insan di dunia maya, baik dari situs pencarian jodoh maupun dari OS. GENSINDO berhasil merangkum filmfilm itu. Yuk disimak!

You’ve Got Mail (1998)

TERNYATAsejak 1990-an, online dating sudah hits keberadaannya. Di sini, e-mail menjadi sarana utama Kathleen (Meg Ryan) dan Joe (Tom Hanks) bertukar pikiran setiap harinya. Dengan log in ke akun e-mail-nya di AOL, Kathleen, dengan nama layarnya Shopgirl ini membaca sebuah e-mail dari “NY152”, nama layar dari Joe yang pertama kali bertemu dalam sebuah chatroom bertajuk “over-30-an”.

Saat membaca e-mail, keduanya memang mengenal batas-batas hubungan online; tidak ada yang spesifik, termasuk tidak menanyakan nama asli dan informasi pribadi. Curahan hati melalui surat elektronik itu lambat laun menjadi candu yang selalu mereka nantikan setiap kali ada kesempatan untuk mencuri waktu dari pasangan mereka.

Kata-kata “you’ve got mail” menjadi tiga kata yang begitu kuat dan menyihir. Namun, tanpa diketahui, di dunia maya mereka saling menyukai, di dunia nyata ternyata mereka adalah rival bisnis yang saling menjatuhkan. Seperti halnya dongeng-dongeng percintaan umumnya, cinta dua orang di dunia maya itu pun mendesak untuk bertaut. Kecintaan mereka terhadap dunia buku mengantarkan mereka pada pemahaman yang sama tentang cara mencintai.

Must Love Dogs (2005)

PENCARIANjodoh dari webternyata tidak hanya terjadi di kalangan anak muda. Dalam film ini, diceritakan seorang janda sekaligus guru TK bernama Sarah Nolan (Lane) mencari cinta sejatinya.

Setelah kedua kakaknya, Carole (Elizabeth Perkins) dan Christine (Ali Hillis) tidak berhasil menemukan lelaki yang pas untuk Sarah, Carol akhirnya memasang foto Sarah sewaktu muda di iklan jodoh bernama Perfectmatch.com. Dalam deskripsinya, dituliskan “Seorang wanita mendambakan pasangan yang menyukai anjing”.

Sarah menemui bermacam pria, dari pria yang depresi, berambut palsu hingga pria jantan atletis. Hingga akhirnya, Sarah bertemu dengan Jake (John Cusack), seorang perancang perahu dayung dan penggemar berat film klasik Dr Zhivago, yang ternyata juga seorang duda. Kisah pun berakhir manis. Kemudian, ketika menceritakan kisah tentang bagaimana mereka bertemu, mereka menyebutkan serempak bahwa keduanya bertemu di sebuah taman anjing.

Her (2013)

BERBEDAdengan drama lain, film Her justru menampilkan seorang penulis surat kesepian Theodore (Joaquin Phoenix), yang jatuh cinta dengan sistem operasinya, Samantha (Scarlett Johansson). Kemajuan teknologi pada 2025 melahirkan sebuah sistem operasi komputer yang bernama OS1.

Sistem ini bisa jadi asisten bagi penggunanya (seperti Siri di iOS saat ini) dan juga memiliki kecanggihan program yang memungkinkan berkomunikasi dengan sangat baik. Ke mana pun pergi, Theo selalu membawa gadget-nya. Dia terlibat dalam pembicaraan yang intim dan intens setiap harinya dengan Samantha hingga melibatkan perasaan saling membutuhkan satu sama lain.

Hingga pada akhirnya, saat Theodore hanyut dalam kisah asmara tersebut, Samantha mengalami masa pemeliharaan/perbaikan sistem. Dia dihadapi kenyataan bahwa Samantha tidak hanya “melayani” dirinya. Samantha juga melayani ribuan pengguna OS1 yang lain dan bahkan menjalin hubungan asmara dengan beberapa dari mereka.

Two Night Stand (2014)

DRAMAcinta anak muda memang selalu menarik untuk ditonton. Dalam film ini, diceritakan Megan (Analeigh Tipton), seorang gadis yang baru putus dengan pacarnya, berusaha mencari seorang teman kencan dari sebuah situs pencarian jodoh bernama Getsomeromance.com. Kemudian, dia dipertemukan dengan Alec (Miles Teller).

Tak butuh lama untuk melakukan chat. Mereka langsung sepakat untuk bertemu dan langsung pulang ke rumah Alec. Setelah melalui satu malam, Megan pun berniat untuk segera keluar dari apartemen Alec. Namun miris, ada topan salju menyapu kota. Megan pun harus menerima kenyataan untuk tetap stay di apartemen Alec.

Dari sini, mulailah terjalin hubungan yang sebelumnya tidak diduga oleh keduanya. Keduanya samasama mendalami karakter satu sama lain.
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7325 seconds (0.1#10.140)