Pedal Pintar Membuat Bersepeda Makin Aman

Minggu, 11 Januari 2015 - 13:35 WIB
Pedal Pintar Membuat Bersepeda Makin Aman
Pedal Pintar Membuat Bersepeda Makin Aman
A A A
Bersepeda memang mengasyikkan. Tapi aktivitas ini dinilai masih kerap membahayakan karena sistem keamanan yang belum menunjang. Untuk itu, terobosan teknologi bersepeda ditampilkan dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), 6-9 Januari.

Teknologi yang dimaksud adalah pedal pintar. Sesuai namanya, pedal pintar akan memberikan peringatan saat sepeda dicuri. Pedal dipasang sensor yang bisa memberikan peringatan saat terjadi pencurian. Selain itu juga diperkenalkan helm yang bisa mencegah bahaya kecelakaan. Prototipe helm yang dikembangkan Volvo akan memberikan peringatan bahaya kecelakaan.

Helm juga akan membantu pengendara mengetahui blind spot agar mereka bisa menghindari tabrakan. Juru bicara Volvo, Klas Bendick mengatakan, sistem ini memiliki kemampuan mengingatkan kemungkinan saat terjadinya tabrakan membantu menyelamatkan nyawa pesepeda. Data menyebutkan hampir 50% kecelakaan yang menewaskan pesepeda di jalanan disebabkan tabrakan dengan mobil.

Sugeng wahyudi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6337 seconds (0.1#10.140)