Jokowi Resmikan Pusat Sejarah Konstitusi

Jum'at, 19 Desember 2014 - 13:04 WIB
Jokowi Resmikan Pusat Sejarah Konstitusi
Jokowi Resmikan Pusat Sejarah Konstitusi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pusat Sejarah Konstitusi di Aula Lantai Dasar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat.

Presiden Jokowi disambut langsung oleh Ketua MK Hamdan Zoelva dan jajaran MK. Usai acara pembukaan Jokowi melihat langsung pusat sejarah konstitusi di lantai lima dan enam Gedung MK.

Pantauan Sindonews di lokasi, Jumat (19/12/2014), Jokowi didampingi oleh Hamdan, Sekjen MK Janedjri M Gaffar. Janedjri menjelaskan satu persatu kepada Presiden Jokowi.

Dalam acara itu, hadir Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Menko Polhukam, Tedjo Edhi Purdjianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua DPD Irman Gusman, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.

Dari siaran pers yang diterima, Pusat Sejarah Konstitusi ini dibangun untuk menumbuhkan dan membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap sejarah bangsa yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan budaya berkonstitusi.

Wahana edukasi seluas 1.462,5 meter persegi ini terdiri dari delapan zona yang mendokumentasikan secara runtut dinamika perjalanan sejarah konstitusi dan perkembangan MK melalui perpaduan informasi, seni, dan teknologi.

Area lantai lima dibagi menjadi tujuh zona, mulai dari zona Pra Kemerdekaan hingga zona Perubahan UUD 1945.

Sementara di lantai enam yang diperuntukkan khusus sebagai zona Mahkamah Konstitusi. Pada zona terakhir dari Pusat Sejarah Konstitusi ini ditampilkan berbagai hal yang menginspirasi pembentukan MK.

Sebagai lembaga peradilan konstitusi, peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah perkembangan MKRI, dan berbagai putusan-putusan penting yang berkontribusi besar dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara hukum yang demokratis.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6419 seconds (0.1#10.140)