Resep Ketua MPR agar DPR Tidak Ribut Terus

Sabtu, 13 Desember 2014 - 14:37 WIB
Resep Ketua MPR agar DPR Tidak Ribut Terus
Resep Ketua MPR agar DPR Tidak Ribut Terus
A A A
JAKARTA - Pasca Pemilihan Presiden 2014, situasi politik Indonesia terus memanas karena terpolarisasi menjadi dua kelompok kekuatan politik.

Hal tersebut terlihat dari konstelasi politik di DPR yang terbagi dua kubu, yakni Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Sejak pelantikan anggota DPR pada 1 Oktober lalu, DPR lebih sering diwarnai konflik antara kedua kubu tersebut.

Menyikapi situasi DPR, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan selama dua koalisi masih menganut sistem politik golongan dan kepentingan praktis.

Dengan kondisi tersebut, kata dia, kegaduhan politik akan terus terjadi di DPR.

Dia pun menyarankan aktor dan elite politik di DPR dan pemerintah diminta untuk membuka hati pemimpin partai sebagai kunci politik.

Menurut Zulkifli, setidaknya ada sejumlah hal untuk memperbaiki komunikasi politik para elite negeri ini.

Pertama, komunikasi harus dijalin secara cair antara Pemerintah dengan Parlemen.

"Kedua, parlemen dengan konstituen yaitu rakyat," kata Zulkifli saat menjadi Keynote Speech seminar bertema Potret Komunikasi Politik Parlemen Republik Indonesia di Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Ciputat, Tangerang Selatan, Sabtu (13/12/2014).

Ketiga, lanjut Zulkifli, elite politik di DPR maupun pemerintah bisa meminta pemimpin partai politik untuk duduk bersama membahas hal ikhwal yang menjadi perbedaan.

"Contohnya waktu pemilihan MPR walaupun MPR bertinju sampai ronde terakhir sampai ketahuan menang angka, semua berjalan baik," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6545 seconds (0.1#10.140)