Secara Matematis KMP Bisa Kuasai MPR

Senin, 06 Oktober 2014 - 07:02 WIB
Secara Matematis KMP Bisa Kuasai MPR
Secara Matematis KMP Bisa Kuasai MPR
A A A
JAKARTA - Dengan dukungan partai politik (parpol) di Koalisi Merah Putih (KMP), dipastikan akan kembali memenangkan pertarungan pemilihan Pemimpin MPR.

Paket Pemimpin MPR terdiri atas lima orang yang diusung dari empat fraksi, dan satu orang perwakilan DPD. Terdapat enam fraksi yang tergabung dalam KMP yakni, Golkar dengan 90 kursi, Gerindra 73 kursi, PAN 49 kursi, PKS 40 kursi, PPP 39 kursi, dan Demokrat 60 kursi.

Menghitung jumlah kursi tersebut, jelas jika KMP bisa merebut kursi di Pemimpin MPR, dengan total kursi 351. Sementara Koalisi Indonesia Hebat (KIH), hanya didukung oleh empat fraksi.

Empat fraksi itu yakni, PDIP dengan 106 kursi, PKB 47 kursi, Partai Nasdem 35 kursi, dan Hanura dengan 16 kursi. Sehingga, total dukungan yang bisa KIH peroleh yakni 208 suara.

Meskipun DPD yang selama ini terlihat lebih condong ke KIH nantinya mendukung paket pimpinan yang diajukan KIH, KMP tetap lebih unggul dari KIH. Karena, DPD hanya memiliki 132 senator, yang apabila dijumlahkan dengan dekungan KIH hanya mampu memeproleh 340 suara.

Wakil Ketua DPR dari Gerindra, Fadli Zon memastikan, memang Demokrat akan diposisikan sebagai calon Ketua MPR. Namun, Fadli masih enggan menyebutkan nama lantaran itu masih belum final dibahas oleh para pimpinan parpol KMP.

“Mengenai nama itu diserahkan kepada partai masing-masing, tetapi mengenai keputusannya baru besok,” kata Fadli kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu 5 Oktober 2014.

Menurut Fadli, KMP tidak hanya berbagi peran dengan parpol anggota koalisi dalam pemilihan Pemimpin DPR saja, tapi juga dalam pemilihan MPR. KMP juga selalu berusaha menghitung pembagian peranan secara proporsional, serta kemampuan dari individunya.

“Kita dalam rancangan kawan di Koalisi Merah Putih memang demikian,” jelas Wakil Ketua DPP Gerindra itu.

“Nanti kita lihat besok (Senin 6 Oktober) bagaimana rapat konsultasi dan bagaimana hasilnya, tapi kami tentu saja optimis,” tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7442 seconds (0.1#10.140)