Kementerian PAN Usulkan Model Pemerintahan Ideal ke Jokowi

Minggu, 24 Agustus 2014 - 20:08 WIB
Kementerian PAN Usulkan Model Pemerintahan Ideal ke Jokowi
Kementerian PAN Usulkan Model Pemerintahan Ideal ke Jokowi
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) mempercepat penyusunan usulan model organisasi pemerintahan kepada ke pemerintah baru.

Rencananya, minggu depan usulan tersebut akan disampaikan ke Joko Widodo (Jokowi) selaku presiden terpilih.

Wakil Menteri PAN dan RB Eko Prasojo mengatakan, Machinery of Government (MoG) atau model organisasi pemerintahan itu saat ini sudah 90 %.

Pada minggu ini juga, kata dia, usulan tersebut akan disampaikan langsung Menteri PAN dan RB Azwar Abubakar kepada Jokowi.

"Sudah hampir jadi. Minggu ini akan langsung kami sampaikan kepada Pak Jokowi. Waktu dan tempat saya tidak tahu," kata Eko melalui keterangan tertulis, Minggu (24/8/2014).

Diketahui, pada Juli lalu Azwar Abubakar mengumumkan pihaknya sedang menyusun model organisasi pemerintah pusat yang ideal. Model tersebut nantinya akan jadi rekomendasi untuk penguatan kelembagaan dan ketatalaksanaan.

Rekomendasi ini diharapkan akan memberikan pertimbangan kepada presiden terpilih (2014-2019) tentang kementerian dan lembaga yang diperlukan.

Eko menganggap program ini agak sensitif sehingga tidak bisa menjelaskan secara rinci. Dia mengharapkan akan ada keterangan lebih lanjut dari Menteri PAN dan RB.

Kendati begitu, Eko menjelaskan ada dua lapis perubahan birokrasi yakni di tingkat kementerian dan internal kementerian.

"Sifatnya double track. Tidak hanya dari struktur namun dari dalam pejabat di kementerian itu sendiri," tutur Eko.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7565 seconds (0.1#10.140)