Lukman Hakim Saifuddin Sosok Pas sebagai Menag

Kamis, 05 Juni 2014 - 14:14 WIB
Lukman Hakim Saifuddin Sosok Pas sebagai Menag
Lukman Hakim Saifuddin Sosok Pas sebagai Menag
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengakui menyodorkan nama Wakil Ketua umum PPP yang juga selaku Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin sebagai pengganti Suryadharma Ali menjadi menteri agama.

Sekjen DPP PPP M Romahurmuziy mengatakan, dua hal pokok yang menjadi pertimbangan PPP mengajukan Lukman, yakni kebutuhan pengalaman dan manajerial yang paripurna pada lingkup persoalan Kementerian Agama, serta kebutuhan akan pribadi yang bersih dan berintegritas mengingat persepsi negatif atas persoalan yang timbul akhir-akhir ini.

"Atas dua pertimbangan tersebut, jika ruang kepercayaan masih ada, PPP mengajukan Lukman Hakim Saifuddin sebagai pengganti menag," katanya dalam keterangan resminya, Kamis (5/6/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan, Lukman adalah anggota dewan sejak 1997 yang sudah duduk di berbagai komisi, termasuk komisi agama.

"Ia adalah putra Menag ke-8 RI, KH Saifuddin Zuhri 1962-1967. Ia juga dikenal sebagai pribadi yang berintegritas dan memiliki pergaulan yang luas selama memimpin sebagai ketua fraksi PPP DPR maupun wakil ketua MPR RI. Insya Allah, dia bisa menjalankan amanah sebaik-baiknya," pungkasnya.

Kendati demikian, PPP memberikan keleluasaan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menggunakan hak prerogratifnya menunjuk pengganti Suryadharma Ali.

Hingga kini Menteri Agama Ad Interim dijabat oleh Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono. Suryadharma Ali resmi mengundurkan diri sebagai Menag kepada Presiden SBY pada pekan lalu. SDA menyatakan mundur setelah KPK menetapkan dirinya sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana penyelenggaraan haji 2012-2013.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6103 seconds (0.1#10.140)