Jokowi dan Prabowo Bakal Hadiri Tanwir Muhammadiyah

Jum'at, 23 Mei 2014 - 22:20 WIB
Jokowi dan Prabowo Bakal Hadiri Tanwir Muhammadiyah
Jokowi dan Prabowo Bakal Hadiri Tanwir Muhammadiyah
A A A
SAMARINDA - Dua calon presiden (capres) yang akan bertarung di Pilpres 2014 bakal hadir di sidang Tanwir Muhammadiyah yang berlangsung di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Jokowi Widodo dan Prabowo Subianto dikabarkan telah mengonfirmasi kesediaannya untuk hadir di Tanwir besok.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menjelaskan, pihaknya akan memberikan kesempatan kepada para capres untuk memaparkan visi dan misinya di hadapan warga Muhammadiyah.

“Dua calon presiden yang telah mendaftar di KPU Pusat, Joko Widodo dan Prabowo Subianto telah menkonfirmasi kehadirannya dalam sidang Tanwir Muhammadiyah di Samarinda Kalimantan Timur. Kita akan berikan waktu untuk kepada mereka untuk memaparkan visi dan misi di hadapan peserta sidang yang berasal dari seluruh Pimpinan Muhammadiyah se-Indonesia,” kata Din kepada wartawan di Samarinda, Jumat (23/5/2014).

Dia menjelaskan, Tanwir Muhammadiyah menjadwalkan Joko Widodo akan menyampaikan visinya terlebih dahulu pada pagi hari sekira pukul 08.00 WITA. sedangkan Prabowo Subianto akan diberikan waktu pada pukul 11.00 WITA.

Meski mengundang dua capres, Din menegaskan jika Muhammadiyah tetap pada putusannya untuk tidak terjebak pada politik praktis. Muhammadiyah tidak akan memberikan dukungan pada capres tertentu.

“Muhammadiyah tetap pada keputusannya untuk tetap mengedepankan politik adiluhung, politik moral yang tidak akan menyederhanakannya menjadi bentuk dukungan tertentu,” katanya.

Din menambahkan, Muhammadiyah dalam Tanwir di Bandung 2012 lalu telah menetapkan beberapa kriteria calon pemimpin Indonesia mendatang.

Kriteria tersebut adalah solidarity maker atau mampu menjembatani segala kepentingan bangsa bukan kepentingan partai atau malah keluarganya. Problem solver yang diharapkan mampu mengatasi berbagai persoalan bangsa.

“Adapula risk taker yang tidak peduli dengan citra dan berani mengambil tindakan, serta morally committed yang tetap menjunjung tinggi moral dan berperilaku amanah,” kata Din.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7854 seconds (0.1#10.140)