Hatta Rajasa jadi magnet Prabowo tarik Demokrat

Rabu, 14 Mei 2014 - 09:00 WIB
Hatta Rajasa jadi magnet...
Hatta Rajasa jadi magnet Prabowo tarik Demokrat
A A A
Sindonews.com - Kedatangan Calon Presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Hatta Rajasa ke Kantor Presiden pada Selasa 13 Mei 2014 lalu dinilai tidak sekadar untuk meminta restu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kedatangan keduanya menemui SBY bisa menjadi momentum awal berlabuhnya Partai Demokrat ke dalam koalisi partai politik pendukung Prabowo. "Hatta bisa meluluhkan hati SBY untuk membawa Demokrat masuk koalisi (mendukung) Prabowo," kata Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Muradi kepada Sindonews, Selasa 13 Mei 2014 malam.

Menurut analisa Muradi, baik Hatta maupun Prabowo juga ingin menunjukkan kepada SBY bahwa rencana koalisi di antara keduanya sudah tidak ada masalah. Hal itu bisa menjadi garansi bagi SBY untuk mengarahkan dukungan Demokrat kepada Prabowo. "Bisa saja Hatta memberikan garansi, bahwa koalisinya dengan Prabowo sudah clear," tandasnya.

Muradi juga berpandangan kemungkinan SBY merasa nyaman dengan Prabowo dan Hatta. Setidaknya, kedua figur itu bisa menjaga kepentingan SBY pasca tidak lagi menjabat presiden.

Kendati begitu, kata dia, Demokrat tidak lantas merapat kepada koalisi pendukung Prabowo. Sebab ada juga beberapa elite di internal Partai Demokrat yang mungkin merasa nyaman bila berada dalam kelompok pendukung Jokowi. "Kita lihat saja dalam beberapa hari ke depan," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0842 seconds (0.1#10.140)