Tiga faktor penentu koalisi parpol jelang pilpres

Senin, 12 Mei 2014 - 16:24 WIB
Tiga faktor penentu koalisi parpol jelang pilpres
Tiga faktor penentu koalisi parpol jelang pilpres
A A A
Sindonews.com - Penjajakan koalisi partai politik (parpol) menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dinilai dipengaruhi oleh tiga faktor.

Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Tohari menyebutkan, ada tiga faktor yang biasanya dijadikan pertimbangan oleh partai dalam membangun koalisi.

Adapun tiga faktor itu, ideologi atau platform partai, program atau agenda, dan tokoh yang akan dijadikan sebagai capres dan cawapresnya.

Mengamati perkembangan menuju Pilpres 2014, Hajriyanto berpendapat perdebatan untuk memilih tokoh yang akan dijadikan capres dan cawapreslah yang terjadi paling alot.

Politikus Partai Golkar itu menilai selama ini perbincangan koalisi sering menghadapi jalan buntu karena semua partai cenderung melihat tokoh atau capres yang paling potensial.

“Selama ini bahasan tentang ideologi partai dan program-program yang akan dilaksanakan lima tahun ke depan tidak ada hambatan. Semuanya selesai. Giliran berbicara tokoh, semuanya alot,” ujar Hajriyanto dalam Dialog Pilar Negara: “Arah Koalisi Partai Politik Jelang Pemilihan Presiden”, di Kompleks MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Senin (12/5/2014).

Hajriyanto khawatir jika perbincangan parpol-parpol sangat longgar terhadap faktor ideologi dan program yang akan usung, maka akan terbentuk koalisi yang pragmatis oportunis.

“Banyak pihak yang tidak memperhatikan dimensi ideologi suatu partai dan program yang akan dilaksanakan dalam koalisi. Pemilihan koalisi saat ini hanya berdasarkan perhitungan tokoh mana yang menurut survei berpotensi untuk menang pilpres saja,” ujar Hajriyanto.

Dia berharap, ke depan akan ada partai poltik yang siap memberikan pendidikan politik yang baik kepada rakyat dengan jalan membentuk poros baru dalam pilpres mendatang.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5930 seconds (0.1#10.140)