Timwas Century nilai Boediono saksi kunci Century

Kamis, 01 Mei 2014 - 11:31 WIB
Timwas Century nilai...
Timwas Century nilai Boediono saksi kunci Century
A A A
Sindonews.com - Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) yang kini menjabat Wakil Presiden (Wapres) Boediono akan bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), untuk Budi Mulya terdakwa kasus dugaan korupsi pemberian Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek (FPJP) Bank Century, pada Jumat 9 Mei 2014 yang akan datang.

Menurut Anggota Tim Pengawas DPR untuk kasus Bank Century (Timwas Century), Bambang Soesatyo, kesaksian Boediono di Pengadilan Tipikor pada 9 Mei 2014 mendatang merupakan momentum penting bagi penuntasan kasus Bank Century.

"Jaksa dan majelis Hakim tidak boleh gentar dan kehilangan nyali serta menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mengorek lebih tajam sejauh mana keterlibatan yang bersangkutan (Boediono) dan para pihak yang berkepentingan Bank Century itu diselamatkan," ujar Bambang Soesatyo kepada Sindonews, Kamis (1/5/2014).

Selain itu, kata dia, jaksa dan hakim pun tidak boleh puas dan terpaku pada jawaban normatif Boediono, bahwa kebijakan tersebut sudah sesuai dengan aturan dan situasi ekonomi yang sedang gawat.

Lebih lanjut dia mengatakan, Jaksa dan hakim harus menempatkan Boediono sebagai saksi kunci sekaligus aktor intelektual dalam kasus tersebut.

"Mengingat keterangan para saksi lain sebelumnya jelas-jelas menunjuk Boediono sebagai faktor penentu yang mendorong terjadinya penyalahgunaan wewenang dan pelanggaran prinsip atau syarat-syarat dalam pemberian FPJP untuk Bank Century," tutur anggota Komisi III DPR RI ini.

Disamping itu, dia mengatakan bahwa jaksa dan majelis hakim harus juga mengejar maksud dibalik pernyataan Boediono bahwa pihak yang paling bertanggung jawab membengkaknya dana bailout Bank Century adalah Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"LPS sebuah lembaga yang berdasarkan Undang-undang (UU) bertanggung jawab langsung ke Presiden," kata politikus Partai Golkar ini.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7689 seconds (0.1#10.140)