Penetapan hasil pemilu DKI Jakarta ditunda

Senin, 28 April 2014 - 20:54 WIB
Penetapan hasil pemilu DKI Jakarta ditunda
Penetapan hasil pemilu DKI Jakarta ditunda
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di Ibu Kota ditunda. Hal itu terpaksa dilakukan untuk penyempurnaan redaksional perbaikan berita acara.

"Ya akhirnya ditunda, kami akan menyempurnakan dulu redaksional berita acaranya," ujar Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (28/4/2014).

Sebab, lanjut dia, ada perbaikan berita acara tanggal 27 April 2014 dan saksi partai meminta dituliskan perbaikan itu terhadap berita acara yang mana.

Lebih lanjut, dia mengatakan, terjadi kesalahan perhitungan otomatis melalui aplikasi komputer 'excel' pada saat rekapitulasi tingkat provinsi dilakukan pada 25 April 2014.

Sehingga, mengakibatkan jumlah pemilih di Kabupaten Kepulauan Seribu membeludak menjadi 2.000.000 jiwa, dari seharusnya hanya sekira 19.000 jiwa. Alhasil, jumlah total pemilih di Provinsi DKI Jakarta itu ikut meningkat.

Dia menuturkan, setelah diketahui ada kejanggalan, Bawaslu DKI Jakarta memerintahkan rapat pleno diulang. Kemudian, guna membenarkan total jumlah pemilih, rapat pleno tersebut digelar pada 27 April 2014 kemarin. Saksi dari partai pun menyaksikan kemarin.

Kendati demikian, dia mengklaim bahwa kesalahan tersebut tidak mempengaruhi perolehan suara masing-masing parpol maupun para calon anggota legislatif (caleg).

Akan tetapi, saksi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mempersoalkan berita acara perbaikan 27 April 2014 itu saat rekapitulasi Provinsi DKI Jakarta tingkat nasional di Gedung KPU hari ini.

Dalam hal ini, saksi parpol dari PDIP mengaku khawatir dengan legalitas berita acara tersebut. Maka dari itu, rapat pleno KPU memutuskan untuk penundaan rekapitulasi suara Pileg Provinsi DKI Jakarta hingga adanya penyempurnaan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2164 seconds (0.1#10.140)