Ini kemungkinan komposisi koalisi parpol di Pilpres

Kamis, 17 April 2014 - 08:04 WIB
Ini kemungkinan komposisi koalisi parpol di Pilpres
Ini kemungkinan komposisi koalisi parpol di Pilpres
A A A
Sindonews.com - Partai politik (parpol) masih saling menjajaki untuk membangun koalisi menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) nanti. Namun, sampai hari ini belum ada parpol yang secara terang-terangan menyatakan sudah berikrar dalam koalisi.

Deputi Direktur The Political Literacy Institute Iding R Hasan mengatakan, konsolidasi atau komunikasi antar parpol terus terjalin pasca Pemilu Legislatif (Pileg) untuk mencari rekan yang tepat untuk berkoalisi. Kendati suasananya masih cair, tapi menurutnya sudah bisa ditebak arahnya.

"Saya melihat mungkin saja akan ada tiga pasangan capres-cawapres. Dengan pengertian tiga partai terbesar tetap maju dengan capresnya masing-masing. Tapi mungkin saja hanya ada dua pasangan saja," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Kamis (17/4/2014).

Menurutnya, jika ada tiga pasangan capres-cawapres yang bertarung di Pilpres, maka kemungkinan pertama adalah PDIP, Nasdem, dan PKB. Kedua, Golkar mengandeng PKS dan Hanura. Yang ketiga, Gerindra bersama dengan Demokrat, PAN dan PPP.

"Kalau dua pasangan: pertama, PDIP, Nasdem dan PKB. Kedua, Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, Hanura dan PPP. Ini asumsinya di luar yang tergabung dengan PDIP, partai-partai sisanya mungkin saja bergabung supaya bisa menyaingi atau mengalahkan Jokowi," jelasnya.

Akan tetapi, ia tetap berharap ada parpol yang mau mengambil peran sebagai oposisi. Meski oposisi sepi kekuasaan, lanjutnya, tapi bisa menjadi investasi politik jangka panjang. "Sayang sekali semuanya tampak fokus mencari koalisi," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5283 seconds (0.1#10.140)