Hanura diprediksi salip Gerindra di klasemen akhir pemilu

Selasa, 08 April 2014 - 20:17 WIB
Hanura diprediksi salip Gerindra di klasemen akhir pemilu
Hanura diprediksi salip Gerindra di klasemen akhir pemilu
A A A
Sindonews.com - Peluang Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) untuk meraih suara maksimal di Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, terbuka lebar.

Pandangan tersebut dikemukakan Direktur Institute for Transformation Studies (Intrans), Andi Saiful Haq. Menurutnya, akan ada kejutan elektoral papan bawah dan papan atas perolehan suara partai politik (parpol) pada Pileg 2014.

Kejutan itu kata dia, karena parpol yang selama ini menempati posisi papan tengah diprediksi suaranya terjun bebas. Partai tersebut adalah, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Bahkan, kedua partai tersebut terancam tidak melampaui Parliament Threshold (PT). Alasannya kata dia, PAN terus mengalami penurunan elektabilitas. Sehingga, pemilih PAN yang mayoritas umat Islam akan tersedot ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Karena akhir-akhir pemilu ini, PAN semakin lemah, dan PKB mampu merenggut pemilih Islam karena iklan dan internalnya yang semakin solid. Pemilih PAN akan tersedot ke PKB dan PPP tapi lebih massif ke PKB," jelas Saiful Haq saat berbincang dengan wartawan, Selasa (8/4/2014).

"Yang menarik antara Hanura dan Gerindra. Hanura akan masuk papan atas dan menggeser Gerindra," tegasnya.

Perkiraan tersebut didasarkan pada konflik Capres Gerindra Prabowo Subianto dengan Capres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Joko Widodo (Jokowi).

"Kasus Prabowo vs Jokowi berimplikasi negatif ke pemilih Gerindra. Sehingga para pemilih Gerindra beralih ke Hanura karena sosok Wiranto dinilai sebagai antitesa dari Prabowo. Jadinya sekarang head to head Wiranto dan Prabowo," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6572 seconds (0.1#10.140)