Perjuangan bebaskan Wilfrida belum usai

Senin, 07 April 2014 - 16:03 WIB
Perjuangan bebaskan Wilfrida belum usai
Perjuangan bebaskan Wilfrida belum usai
A A A
Sindonews.com - Pengadilan Kota Bharu, Kelantan, Malaysia, memutuskan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Wilfrida Soik, dinyatakan masih di bawah umur pada saat kejadian.

Anggota Komisi IX Rieke Diah Pitaloka mengatakan, pihak jaksa masih akan menunggu keputusan bertulis dari hakim yang memiliki jangka waktu dua hingga empat minggu ke depan.

Kata dia, dengan lama waktu itu jaksa masih bisa meneliti putusan majelis hakim hasil persidangan hari ini, dan masih ada kemungkinan ajukan banding.

"Pengajuan banding dapat diajukan Jaksa Penuntut hingga 14 hari setelah keputusan tertulis dikeluarkan. Jadi secara hukum belum bisa dikatakan final bebas dari vonis mati, hingga jaksa penuntut umum tak ajukan banding atas putusan hakim," kata Rieke dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Senin (7/4/2014).

Karenanya, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menegaskan, perjuangan untuk membebaskan Wilfrida dari hukuman mati belum selesai. "Masih dibutuhkan perjuangan dan kerja keras kita seluruh elemen bangsa untuk selamatkan nyawa WS (Wilfrida Soik)."

"Perjuangan yang tak sekadar untuk kepentingan Pemilu 2014. Kawan-kawan KBRI di Malaysia masih perlukan dukungan dari berbagai pihak terutama Pemerintah Pusat dan tentu saja DPR RI untuk selesaikan kasus 179 vonis mati di Malaysia," sambungnya.

Kendati demikian, ia tetap bersyukur hasil persidangan hari ini yang membuka peluang besar Wifrida bebas dari hukuman mati. "Secara pribadi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama bertahun-tahun berjuang bersama mengawal kasus WS, terutama kawan-kawan di KBRI Malaysia dan tim pengacara yang ditunjuk, aktivis pembela hak-hak buruh migran, terutama Migrant Care Indonesia dan Malaysia, Change.org, dan lainnya," pungkasnya.

Wilfrida divonis bebas dari hukuman mati
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0806 seconds (0.1#10.140)
pixels