Kelud meletus, KPU siapkan Plan B

Jum'at, 14 Februari 2014 - 14:39 WIB
Kelud meletus, KPU siapkan...
Kelud meletus, KPU siapkan Plan B
A A A
Sindonews.com - Menjelang pemungutan suara 9 April 2014 mendatang, Indonesia kerap dirundung bencana alam seperti gunung meletus. Setelah Gunung Sinabung di Sumatera Utara, semalam Gunung Kelud yang terletak di Kediri, Jawa Timur meletus.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, bencana alam sulit diprediksi termasuk soal Gunung meletus. Maka itu, KPU harus menyiapkan cara lain untuk mengatasi dampak dari bencana tersebut.

"Jika terjadi bencana alam kami menyiapkan Plan B bagaimana supaya dampak dari bencana alam itu bisa diatasi sedemikian rupa," kata Husni, di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (14/2/2014).

Menurut Husni, antisipasi yang harus dimaksimalkan adalah soal data pengungsi yang menjadi korban bencana alam itu. Sebab, dari data itu KPU bisa menentukan langkah antisipatif terhadap penyelenggaraan pemilu.

"Sehingga proses penghitungan dan pemungutan suara itu masih bisa berjalan pada jadwal yang sama," ujarnya.

Namun begitu, lanjut Husni, pihaknya berharap bencana alam seperti gunung meletus mampu diatasi pemerintah. Selain itu, pihaknya juga berharap KPU daerah secara aktif mendata masyarakat yang menjadi korban bencana alam, terlebih korban yang mengungsi.

"Kita berharap kondisinya menjelang pemungutan suara bisa lebih baik, itu harapan kita semua lah," tutupnya.

Baca berita:
Bawaslu diminta awasi logistik
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9726 seconds (0.1#10.140)