Antisipasi gangguan pemilu, Golkar apresiasi Bawaslu

Senin, 27 Januari 2014 - 09:54 WIB
Antisipasi gangguan pemilu, Golkar apresiasi Bawaslu
Antisipasi gangguan pemilu, Golkar apresiasi Bawaslu
A A A
Sindonews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi munculnya kerawanan dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 9 April mendatang.

Langkah berupa pembuatan sistem peringatan dini atau early warning system itu bertujuan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, antara lain kegagalan tahapan pemilu, manipulasi suara, hingga kerusuhan.

Sistem ini pun mendapatkan tanggapan positif dari partai berlambang pohon beringin. "Partai Golkar sebagai salah satu peserta sangat terbantu dengan apa yang dilakukan Bawaslu, "ujar Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Nurul Arifin seperti pesan tertulis yang diterim Sindonews, Senin (27/1/2014).

Anggota Komisi II DPR ini berharap sistem peringatan dini bisa didukung partai politik (parpol) lainnya sehingga kerawanan pemilu dapat dihindari hingga pesta demokrasi selesai.

"Keamanan seluruh rangkaian pemilu hendaknya harus didukung setiap peserta pemilu, tidak hanya Bawaslu. Keamanan pemilu harus terus dijaga hingga presiden dan wakil presiden terpilih," tuturnya.

Bawaslu telah melakukan kajian dan pemetaan terhadap 510 kabupaten dan kota di seluruh wilayah Indonesia. Terdapat empat tahapan yang menjadi fokus kajian Bawaslu.

Di antaranya, proses kampanye, pendaftaran dan pemutakhiran pemilih, produksi dan distribusi logistik, dan pemungutan serta penghitungan suara. Ketiga tahapan ini dibagi menjadi tiga kategori, yakni sangat rawan, rawan dan aman. (dam)

Berita:
SBY: Jangan anggap enteng Pemilu 2014.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8038 seconds (0.1#10.140)