Masyarakat diminta kontribusi untuk jaga NKRI

Jum'at, 20 Desember 2013 - 04:02 WIB
Masyarakat diminta kontribusi untuk jaga NKRI
Masyarakat diminta kontribusi untuk jaga NKRI
A A A
Sindonews.com - Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhamammadiyah Yogyakarta (UMY), bersama Dinas Kebudayaan DIY, menyelenggarakan kompetisi debat antar Fakultas Hukum se-DIY dengan tema '5 Pilar Keistimewaan Yogyakarta'.

Kompetisi antar mahasiswa ini sekaligus untuk memperdalam pengetahuan masyarakat mengenai keistimewaan DIY yang selama ini diperjuangkan.

"DIY merupakan salah satu modal perjuangan bangsa Indonesia dengan status keistimewaan yang telah diberikan melalui Undang-Undang (UU)," ujar Dekan FH UMY Trisno Raharjo, Kamis 19 Desember 2013.

"Dengan adanya status keistimewaan tersebut, masyarakat diminta berkontribusi untuk menjaga kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," imbuhnya.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FH UMY Mukhtar Zuhdy menambahkan, sosialisasi keistimewaan DIY tersebut sengaja dikemas dalam bentuk forum debat. Hal tersebut dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa secara lebih mendalam.

“Pada prinsipnya ini adalah formum yang di fasilitasi Pemda dalam rangka sosialisasi keistimewaan. Untuk efektifnya dibuat dalam bentuk debat,” terangnya.

Pengajar FH UMY ini menjelaskan, acara tersebut tidak bertujuan untuk memperdebatkan status keistimewaan DIY. Karena menurutnya DIY telah menjadi daerah istimewa melalui UU yang telah disahkan.

Melalui kompetisi tersebut, ia berharap mahasiswa yang telah memiliki pengetahuan lebih tentang 5 pilar keistimewaan dapat menyosialisasikan kepada masyarakat. “Mahasiswa sangat strategis untuk menyosialisasikan tentang kesistimewaan ini kepada masyarakat, dengan debat ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengetahuan yang mendalam tentang keistimewaan," jelasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6373 seconds (0.1#10.140)