SBY sampaikan 12 kunci bernegara pada Forum Pemred

Rabu, 11 Desember 2013 - 17:45 WIB
SBY sampaikan 12 kunci bernegara pada Forum Pemred
SBY sampaikan 12 kunci bernegara pada Forum Pemred
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan 12 pertanyaan kunci dalam penataan kembali kehidupan bernegara yang perlu dibahas lebih lanjut melibatkan banyak orang.

Hal itu disampaikannya di acara Kongres Kebangsaan yang digelar Forum Pemred di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Rabu (11/12/2013).

Salah satu pertanyaan yang disampaikan SBY itu yakni bagaimana menciptakan toleransi dan harmoni di tengah rakyat yang majemuk? "Toleransi dan harmoni, kita sedih masih sering terjadi kekerasan horizontal, konflik-konflik komunal," ujar Presiden SBY.

"Bagaimana sekarang? Apakah mengandalkan penegakan hukum, law enforcement, pendekatannya harus dengan hard power seperti itu? Tidakkah kita memikirkan pendekatan yang lain, tidakkah kita memerankan pemuka agama, pemuka masyarakat, para pemimpin yang ada di daerah, kepala desa, camat, bupati dan semua," tambah dia.

Menurutnya, hl itu harus dipikirkan matang oleh semua pihak. "Dengan demikian, jangan seolah-olah semua harus dimasukan ke law enforcement. Tapi membangun kesadaran horizontal, kesadaran vertical agar kerukunan, rasa persaudaraan bisa kita perkuat di negara yang majemuk ini," ungkapnya.

Baca berita:
SBY minta pemberitaan media tak menghakimi
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6998 seconds (0.1#10.140)