Jaksa Agung: Kasus korupsi di Indonesia meningkat

Senin, 09 Desember 2013 - 14:35 WIB
Jaksa Agung: Kasus korupsi di Indonesia meningkat
Jaksa Agung: Kasus korupsi di Indonesia meningkat
A A A
Sindonews.com - Jaksa Agung Basrief Arief menilai, perkara tindak pidana korupsi melumpuhkan kehidupan bangsa Indonesia dan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, dengan berbagai modus berbeda-beda.

"Dapat dikatakan tindak pidana korupsi di Indonesia sudah begitu meluas dan terus meningkat dari tahun ke tahun, jumlah kasus, jumlah kerugian keuangan negara maupun modus operandinya," kata Basrief di pidato sambutannya untuk memperingati Hari Antikorupsi sedunia, di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2013).

Selain itu, Basrief menyatakan, berbagai kasus korupsi saat ini ada di Indonesia, telah menjadi virus dan mewabah secara sistemik, baik di instansi pemerintahan maupun swasta. Sehingga, kejahatan jenis korupsi tersebut menjadi pola budaya baru.

"Bahaya korupsi tidak hanya terkait dengan kerugian keuangan negara namun dapat mengganggu, bahkan mengguncang perekonomian negara dan stabilitas nasional, menghambat momentum pembangunan, dan menurunkan kepercayaan masyarakat dan dunia internasional terhadap proses penegakan hukum," jelas Basrief.

Untuk itu Basrief berharap, momentum hari antikorupsi sedunia yang jatuh pada hari ini, dapat membuka serta menyadarkan masing-masing pelaku korupsi. "Apabila kita bersama bersatu padu, antar penegak hukum dan masyarakat dalam memberantas korupsi saya yakin perilaku koruptif akan berangsur sirna dari Indonesia," pungkasnya.

Ini 12 "noda hitam" pemberantasan korupsi 2013
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5951 seconds (0.1#10.140)