Agenda pemanggilan Wapres Boediono oleh Timwas Century

Sabtu, 07 Desember 2013 - 11:43 WIB
Agenda pemanggilan Wapres Boediono oleh Timwas Century
Agenda pemanggilan Wapres Boediono oleh Timwas Century
A A A
Sindonews.com - Tim Pengawas (Timwas) Century akan memanggil mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) sekaligus Wakil Presiden (Wapres) Boediono, pada 18 Desember 2013.

Anggota Timwas Century Hendrawan Supratikno mengungkapkan, ada beberapa agenda klarifikasi yang mesti dijelaskan Boediono saat keterangan pers pasca diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pak Boediono menyampaikan beberapa hal yang menarik kami konfirmasi, karena ada pernyataan berbeda saat diundang Pansus dahulu. Itu sebabnya, kami mau menjadikan forum pemanggilan," kata Hendrawan, dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya "Duri dalam Century", di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12/2013).

Pertama, mereka meminta penjelasan Boediono yang mengatakan dana berubah terus menggelembung terjadi konteks kewenangan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Lalu, Boediono mengatakan pengambilalihan bukan penyelamatan. Kalau penyelamatan libatkan pemegang saham Robert Tantular. Kalau ambil alih tidak dilibatkan," terangnya.

Hal lain yang akan diklarifikasi adalah surat kuasa Boediono saat FPJP dicairkan. "(Selanjutnya) Boediono sore hari rapat dengan JK (Jusuf Kalla) menyatakan ekonomi Indonesia solid, percaya diri hadapi goncangan eksternal. Malam (hingga) subuh atfmosfer bertolak belakang. Subuh Indonesia seakan kiamat. Ini perlu ditanyakan," tegasnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini pun menegaskan, pemanggilan Boediono oleh Timwas Century bukan untuk mengulang keterangan yang pernah ada. "Ada yang mengatakan ini memutar jam kembali, kita klarifikasi. Kita ingin mengurangi spekulasi," tuntasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7030 seconds (0.1#10.140)