SBY ungkap 3 poin dari surat balasan Tony Abbott

Selasa, 26 November 2013 - 19:13 WIB
SBY ungkap 3 poin dari...
SBY ungkap 3 poin dari surat balasan Tony Abbott
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan ada tiga hal yang penting dalam isi surat balasan dari Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang diterimanya pada Sabtu 23 November 2013 yang lalu.

"Dari surat Perdana Menteri Australia yang saya baca, dengan seksama, paling tidak ada tiga hal yang saya anggap penting dan mendasar," ujar Presiden SBY saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Pertama, kata dia, keinginan pihak pemerintah Australia untuk menjaga dan melanjutkan hubungan bilateral dengan Indonesia. Yang sesungguhnya, menurut dia, dewasa ini berada dalam keadaan yang kuat dan berkembang.

"Kedua, komitmen Perdana Menteri Australia bahwa Australia tidak akan melakukan sesuatu di masa depan yang akan merugikan dan menggganggu Indonesia. Satu poin yang penting," katanya.

Sementara poin ketiga, sambung dia, bahwa PM Australia Tony Abbott setuju dan mendukung usulannya untuk menata kembali kerja sama bilateral, termasuk pertukaran intelijen dengan menyusun protokol dan kode etik yang jelas, yang adil dan dipatuhi.

"Itulah tiga hal penting yang saya dapatkan dari surat PM Australia," tuturnya.

Sekadar diketahui, Presiden SBY melayangkan surat resmi kepada Perdana Menteri Australia Tony Abbott, pada Rabu 20 November 2013 malam.

Surat itu dilayangkan SBY, untuk meminta sikap resmi Pemerintah Australia terhadap penyadapan yang dilakukan intelijen Australia kepada dirinya, dan beberapa pejabat lainnya pada tahun 2009 lalu, yang baru-baru ini dikabarkan sejumlah media asing.

Baca berita:
Kasus penyadapan, momentum Indonesia tunjukkan daya tawar
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)