Mahfud: Gagasan poros tengah boleh juga

Rabu, 13 November 2013 - 16:23 WIB
Mahfud: Gagasan poros tengah boleh juga
Mahfud: Gagasan poros tengah boleh juga
A A A
Sindonews.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menilai, wacana poros tengah partai Islam untuk membendung meningkatnya elektabilitas partai yang sudah mapan, tidak akan berjalan dengan baik.

"Menurut saya, gagasan itu boleh juga, tetapi saya kira tidak akan jalan. Partai itu selalu begitu, ketika berpikir untuk melawan seseorang, dengan satu kekuatan mau bersatu. Tetapi ketika partai sudah nyebut orang itu, bubar sendiri," kata Mahfud di Wisma Syahida Inn Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Ciputat, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2013).

Namun, menurut Mahfud, jika poros tengah hanya diterapkan sebagai wacana, hal tersebut tidak menjadi masalah. Mahfud meyakini yang menjadi masalah adalah ketika poros tengah tersebut terwujud secara nyata dalam ranah politik.

"Tapi secara politik saya kira sulit terwujud karena semuanya punya keinginan yang berbeda beda tentang kepemimpinan ke depan," papar Mahfud.

Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM) tersebut mencontohkan, jika seluruh partai Islam sepakat dengan adanya poros tengah, lalu menunjuk salah seorang untuk menjadi pemimpin, dan pemimpin tersebut tidak disukai salah satu partai Islam, maka pasti poros tengah tersebut akan bubar.

"Pasti ada yang mental, tidak ikut lagi dengan alasan pasti di sana ada yang jaga, nanti kalau sini kalah di sana kan masih ada kita, alasannya begitu," pungkasnya.

Berita terkait:
Kesampingkan ego, koalisi parpol Islam bisa terwujud.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7326 seconds (0.1#10.140)
pixels