Tanpa ideologi orang akan kehilangan orientasi

Rabu, 13 November 2013 - 14:30 WIB
Tanpa ideologi orang akan kehilangan orientasi
Tanpa ideologi orang akan kehilangan orientasi
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto menegaskan, demokrasi saat ini belum sempurna, karena kebanyakan orang tidak mengaitkannya dengan ideologi Pancasila sebagai wadah untuk mempererat persatuan.

Menurutnya, akibat hal itu ada segelintir masyarakat yang saling bermusuhan, sehingga demokrasi yang dibangun dengan baik sedikit ternodai.

"Saat ini orang sibuk dengan demokrasi, kadang sering terjadi permusuhan. Seolah dengan demokrasi seluruh urusan selesai," kata Hermanto, saat sosialisasi empat pilar kebangsaan dengan tema 'Implementasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Dalam Upaya Membangun Ketahanan Keluarga Menuju Bangsa yang Kuat', di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Kamis (13/11/2013).

Oleh sebab itu, lanjutnya, untuk menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan permusuhan perlunya sosialisasi empat pilar kepada masyarakat.

"Setelah reformasi kita jarang menyebut hal-hal mengenai ideologi negara (Pancasila), itu bisa mencederai persatuan," ujarnya.

Mengapa ideologi negara penting, katanya, karena ideologi merupakan ruh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan alat pemersatu masyarakat.

"Orang yang tidak berideologi akan kehilangan orientasi dalam berbangsa dan bernegara," jelasnya.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4538 seconds (0.1#10.140)