TB Simatupang baru hari ini diberi gelar Pahlawan Nasional

Jum'at, 08 November 2013 - 17:59 WIB
TB Simatupang baru hari ini diberi gelar Pahlawan Nasional
TB Simatupang baru hari ini diberi gelar Pahlawan Nasional
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada tiga tokoh perjuangan bangsa.

Tiga tokoh perjuangan bangsa adalah Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Wedyodiningrat dari Yogyakarta, Lambertus Nicodemus Palar dari Sulawesi Utara, dan Letjen TNI (Purn) TB Simatupang dari Sumatera Utara.

Acara upacara tersebut dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11/2013) sore. Sekedar informasi, Radjiman Wedyodiningrat yang lahir di Yogyakarta pada 21 April 1879 adalah salah satu tokoh pendiri Republik Indonesia. Dia merupakan Ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Sedangkan Lambertus Nicodemus Palar yang lahir pada 5 Juni 1900 di Rurukan, Tomohon, Sulawesi Utara, tercatat pernah menjabat sebagai wakil Republik Indonesia dalam beberapa posisi diplomatik di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sementara TB Simatupang, yang lahir pada 28 Januari 1920, di Sidikalang, Sumatera Utara, merupakan tokoh militer Indonesia. Simatupang turut berjuang melawan penjajahan Belanda dalam masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Raden Saleh diusulkan jadi pahlawan nasional
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5806 seconds (0.1#10.140)