Mantan Panglima TNI nilai penyadapan hal wajar

Rabu, 06 November 2013 - 22:48 WIB
Mantan Panglima TNI nilai penyadapan hal wajar
Mantan Panglima TNI nilai penyadapan hal wajar
A A A
Sindonews.com - Mantan Panglima (Purn) TNI Agus Suhartono meyakini, bahwa perihal sadap-menyadap antar negara adalah hal yang lumrah di dunia ini.

Agus menegaskan, bahwa penyadapan adalah salah satu bentuk pengamanan demi terciptanya sebuah negara yang aman.

"Nah yang perlu kita lakukan, adalah bagaimana pengamanan berita (enkripsi). Itu menjadi penting bagi TNI," kata Agus di Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2013).

Agus menegaskan, bahwa Indonesia harus memiliki sistem sandi yang modern, sehingga jika negara lain menyadap, maka tidak akan paham apa yang disadap. Karena sudah menggunakan sistem sandi otomatis (enkripsi).

"Pengamanan berita itu, bisa ditempuh dengan menggunakan sistem sandi. Baik menggunakan alat enkripsi yang memadai, dan perilaku dari pada personel TNI itu sendiri," ujar Agus.

Oleh karena itu, lanjutnya, ke depan Indonesia seharusnya lebih fokus kepada pengamanan berita (enkripsi), dari pada fokus pada persoalan penyadapan.

"Karena mau tidak mau yang kita hadapi memang ya penyadapan itu. Hanya memang, penyadapan pun memerlukan etika. Kalau tidak ada kepentingan, ya jangan menyadap. Tapi kalau ada kepentingan, ya berarti dilakukan penyadapan," pungkas Agus.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6863 seconds (0.1#10.140)