Sangat penting pendidikan bagi tenaga kesehatan

Rabu, 30 Oktober 2013 - 16:47 WIB
Sangat penting pendidikan bagi tenaga kesehatan
Sangat penting pendidikan bagi tenaga kesehatan
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Untung Suseno mengatakan, saat ini sistem jaminan kesehatan sudah melayani sekira 121 juta orang.

Untuk itu, dia mengungkapkan, pihaknya akan persiapkan untuk 2019 sebanyak 250 juta masyarakat Indonesia mendapatkan jaminan kesehatan.

"Pemerintah sedang melakukan persiapan penempatan tenaga kesehatan di daerah. Dalam hal perekrutan, para tenaga kesehatan akan dilakukan oleh daerah. Kita minta daerah untuk memberikan beasiswa untuk para tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan PTT (Pegawai Tidak Tetap),” ucap Untung saat ditemui di Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Menurut dia, banyak daerah yang tenaga kesehatan yang tidak melakukan usaha promotif dan prefentif. Selain itu, banyak pemerintah daerah (pemda) yang tidak memberikan insentif untuk para spesialis, tenaga dokter, perawat dan bidan, walaupun jumlah mutu dan distribusiannya sangat kurang.

“Pendidikan bagi para tenaga kesehatan sangatlah penting guna meng-upgrade kompetensi yang dimiliki. Kesempatan ini dapat menjadikan mereka menjadi tenaga tetap,” pungkasnya.

Berita terkait:
Pemerintah imbau pemda perbaiki mutu Puskesmas.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7144 seconds (0.1#10.140)