Megawati masih diminati pemilih irasional

Kamis, 10 Oktober 2013 - 18:45 WIB
Megawati masih diminati pemilih irasional
Megawati masih diminati pemilih irasional
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, ternyata masih diminati oleh calon pemilih yang berkategori irasional pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.

Demikian dikatakan Dosen Filsafat Politik Universitas Indonesia (UI), Donny Gahral Adian. Menurutnya, jika akhirnya Megawati maju menjadi Calon Presiden (Capres) 2014, maka ia menempati posisi teratas untuk pemilih irasional.

"Saya kira Megawati masih diposisi atas untuk para pemilih irasional. Itu pun kalau Megawati masih mencalonkan," kata Donny, di Dapur Selera, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2013).

Dijelaskan Donny, alasan memposisikan Megawati dipilih oleh kelas irasional lantaran Mega dinilai masih memiliki garis keturunan atau trah dari Soekarno. Selain itu, kata dia, pemilih kategori irasional ini banyak tersebar di masyarakat pedesaan. "Megawati masih menjadi tokoh yang diinginkan masyarakat daerah," tegasnya.

Donny menambahkan, selain Megawati masih ada tokoh lain seperti Aburizal Bakrie (Ical), Wiranto, Prabowo, dan Mahfud MD, juga merupakan tokoh yang diminati pemilih irasional. "Selanjutnya ada Ical, Prabowo, Wiranto. Mahfud MD juga disenangi masyarakat dipedesaan saya kira. Tapi, saya lebih senang menyebut masyarakat non rasional," paparnya.

Dilanjutkan Donny, untuk Pilpres 2014 mendatang, faktor kesukuan masih didominasi oleh calon yang berasal dari Jawa. Kata dia, itu pula yang masih menjadi gaya berfikir pemilih di Indonesia. "Iya masih (Jawa)," tutupnya.

Baca juga berita terkait, popularitas tak jamin Prabowo & Ical sukses nyapres.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6858 seconds (0.1#10.140)