Banyak pejabat mengabaikan wibawa

Rabu, 25 September 2013 - 06:01 WIB
Banyak pejabat mengabaikan wibawa
Banyak pejabat mengabaikan wibawa
A A A
Sindonews.com - Di negeri ini masih banyak pejabat negara yang memegangng jabatan ganda tanpa melihat konflik kepentingan yang harus dihindari. Termasuk dalam pencapresan sejumlah tokoh yang masih memegang jabatannya dalam pemerintahan.

"Di Indonesia ini kesadaran akan pentingnya konsistensi pejabat untuk menghindari jabatan ganda yang menimbulkan konflik kepentingan masih belum terbiasa," ujar pengamat politik dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus, kepada Sindonews, Rabu (25/9/2013).

Hal itu juga terjadi dalam kasus korupsi yang menjerat pejabat negara di negeri ini, mereka masih berusaha mempertahankan jabatannya meski sudah ditetapkan sebagai tersangka. "Bahkan pejabat yang sudah diduga korup pun masih tanpa malu-malu mempertahankan jabatannya sampai ada putusan hukum tetap!. menyedihkan," ketus dia.

Hal semacam ini yang dibiarkan oleh pemerintah ini apalagi oleh pemegang kekuasaan saat ini, menjadikan peluang bagi pejabat negara tersebut unutk melakukan penyelahgunaan wewenang. "Pejabat yang mengabaikan wibawanya, pada satu waktu yang sama membuktikan pejabat itu maruk kekuasaan," tukasnya.

"Mereka tak rela kenyamanan jabatannya dirong-rong, padahal jabatan ganda yang menciptakan konflik kepentingan membuat peluang melakukan penyalahgunaan kekuasaan menjadi tinggi," imbuhnya.

Baca berita Gita Wirjawan bantah lepas jabatannya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6493 seconds (0.1#10.140)