Jelang pilpres, Nur Mahmudi cari perhatian?

Rabu, 11 September 2013 - 16:21 WIB
Jelang pilpres, Nur Mahmudi cari perhatian?
Jelang pilpres, Nur Mahmudi cari perhatian?
A A A
Sindonews.com - Sosok Joko Widodo dikenal sukses menjadi Wali Kota Solo karena mengusung program penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pasar tradisional, serta mendorong produksi mobil Esemka. Sama halnya dengan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail yang juga mengusung program andalan dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak tahun 2011, Nur Mahmudi menggaungkan program kampanye Sehari Tanpa Nasi (One Day No Rice). Sebagai doktor teknologi pangan lulusan A&M Texas University, Nur Mahmudi ahli menguasai bidang tersebut, dengan gagasan diversifikasi pangan mengganti karbohidrat jenis padi dengan makanan karbo lain berupa umbi-umbian. Program itu juga sudah mulai diikuti masyarakat umum seperti hotel, katering, dan restoran, setelah semula hanya diterapkan di kalangan PNS.

Berikutnya, tahun 2012, Nur Mahmudi mulai menerapkan program Sehari Tanpa Mobil Dinas (One Day No Car) demi penghematan terhadap konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Gerakan itu juga kini telah diikuti oleh sejumlah instansi seperti PLN, Kodim, Kantor Pajak, dan BNI, dan sejumlah investor. Kedua program tersebut dilaksanakan setiap hari Selasa.

Menanggapi kedua program tersebut apakah menjadi sinyal program andalan Nur Mahmudi menuju Pemilu 2014, Anggota Dewan Syariah PKS Jawa Barat Abdul Gofar melihatnya tidak mengarah kepada isu tersebut. Program tersebut, kata dia, digagas Nur Mahmudi hanya untuk mengejahwantahkan program nasional dan memberikan contoh kepada daerah-daerah lain.

"Saya tidak menerka ODNC dan ODNR jadi program andalan untuk itu ya (pilpres), itu kan hanya mengikuti program nasional bahwa ketahanan pangan juga kan merupakan instruksi presiden dan Kementrian Pertanian serta Gubernur, Pak Nur Mahmudi hanya menerjemahkannya saja," tegasnya kepada wartawan, Rabu (12/09/2013).

Anggota DPRD Depok itu menambahkan jika dipropagandakan ke banyak daerah hal itu hanya sebagai percontohan atau pilot project. Nur Mahmudi, lanjut Gofar, juga banyak memiliki program yang bermanfaat bukan hanya ODNC dan ODNR.

"Nur Mahmudi programnya banyak, lebih dari itu, ada betonisasi jalan lingkungan misalnya, semua kader layak dicalonkan," ungkapnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6543 seconds (0.1#10.140)