Survei, WIN-HT bersaing ketat dengan Megawati-Jokowi

Senin, 02 September 2013 - 15:02 WIB
Survei, WIN-HT bersaing...
Survei, WIN-HT bersaing ketat dengan Megawati-Jokowi
A A A
Sindonews.com - Pasangan calon presiden (Capres)-calon wakil presiden (Cawapres) yang diusung Partai Hanura, Wiranto-Harry Tanoesudibjo (WIN-HT), bersaing ketat dengan pasangan Megawati Soekarno Putri-Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu merupakan salah satu kesimpulan dari hasil survei nasional yang dilakukan Lembaga Klimatologi Politik (LKP) akhir-akhir ini.

Menurut temuan Lembaga Klimatologi Politik (LKP), jika pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) dilaksanakan hari ini, maka pasangan WIN-HT bersaing ketat dengan pasangan Megawati-Jokowi.

"Sebanyak 30,7 persen publik mengaku akan memilih pasangan Mega-Jokowi dan 30,4 persen akan memilih pasangan WIN-HT," ujar CEO Lembaga Klimatologi Politik, Usman Rachman saat konferensi pers di Hotel Grand Menteng, Matraman, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Sementara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 19,8 persen. Kemudian disusul pasangan Aburizal Bakrie (Ical)-Pramono Edhi Wibowo di posisi keempat dengan elektabilitas hanya 6,9 persen. Sedangkan yang menjawab belum punya pilihan sebanyak 12,2 persen.

Responden dalam hal ini ditanyai, seandainya pilpres diikuti empat pasangan, siapa yang akan dipilih. Usman Rachman menambahkan, bahwa pemasangan sejumlah tokoh selain WIN-HT ini dilakukan secara hipotesis. "Artinya, tentatif. Mungkin kedepan, berbeda-beda pasangannya," katanya.

Survei LKP ini dilaksanakan pada tanggal 12-18 Agustus 2013 di 33 provinsi dengan mengambil sampel sebanyak 450 responden melalui teknik multi-stage random sampling.

Sedangkan ambang kesalahan (margin of error) dari survei ini adalah +/- 46 persen dan level of confidence 95 persen. Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dengan menggunakan telepon dengan responden dan berpedoman pada kuesioner.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2254 seconds (0.1#10.140)