LSN: Hanura & Gerindra dipersepsikan partai paling bersih

Selasa, 16 Juli 2013 - 13:28 WIB
LSN: Hanura & Gerindra...
LSN: Hanura & Gerindra dipersepsikan partai paling bersih
A A A
Sindonews.com - Dari 12 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2014, terdapat dua partai parlemen yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Gerakan Indonesia Rakyat (Gerindra) tergolong partai bersih dari korupsi menurut hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN).

Demikian ditegaskan peneliti utama LSN Dipa Pradipta saat menyampaikan siaran persnya. Menurutnya, Partai Hanura dan Gerindra yang notabene partai peserta Pemilu 2009 memiliki elektabilitas baik karena dipersepsikan publik sebagai partai bersih.

"Dua partai ini (Hanura dan Gerindra) dipersepsikan publik sebagai partai bersih atau partai yang kadernya jarang terlibat kasus korupsi," kata Dipa, di Hotel Grand Menteng, Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Alasan mendasar Survei LSN menempatkan Hanura dan Gerindra sebagai partai bersih ketimbang 10 partai lainnya lantaran, dua partai tersebut atau kader partainya yang berada di parlemen belum satupun terlibat kasus korupsi.

Sementara itu, dari 10 partai lainnya terkecuali partai PKPI, NasDem dan PBB sebagai partai baru yang lolos Pemilu 2014. Di luar itu, partai mapan di parlemen seperti Partai Demokrat, Golkar, PDIP, PKS, PPP dan PKB tergolong partai kurang bersih karena sebagian pengurus dan kader banyak terlibat kasus korupsi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1448 seconds (0.1#10.140)