Tjahjo Kumolo calon ketua MPR RI

Kamis, 13 Juni 2013 - 17:30 WIB
Tjahjo Kumolo calon ketua MPR RI
Tjahjo Kumolo calon ketua MPR RI
A A A
Sindonews.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tjahjo Kumolo disebut yang paling pas menggantikan posisi Taufiq Kiemas (TK) di MPR. Kendati demikian, keputusan itu tetap berada pada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Di sini yang potensial antara lain Tjahjo Kumolo, Sidarto Danusubroto, serta Pramono Anung. Tapi tentu kata kuncinya di Bu Mega sebagai tokoh sentral di PDIP," kata direktur eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Pada kesempatan itu, Qodari mengatakan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh para calon pengganti TK untuk memimpin MPR kedepan. Dia menjelaskan, yang pertama itu dari PDIP, karena TK dari partai tersebut.

"Kedua, memiliki tekad yang kuat untuk terus menyosialisasikn Empat Pilar (NKRI, UUD 1945, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika)," kata dia.

Selain itu, dia memuturkan, politikus yang akan menggantikan TK di MPR merupakan senior di PDIP, serta memiliki pergaulan yang luas di luar partai berlambang kepala banteng dan moncong putih itu.

"Ketiga, dari segi usia dan pengabdian di PDIP cukup senior. Keempat, memiliki pergaulan luas di kalangan elit politik Indonesia, karena salah satu peran MPR adalah menjadi jembatan bagi DPR dan DPD serta berbagai partai yang ada," paparnya.

Sekadar diketahui, Taufiq Kiemas telah meninggal dunia di Singapura pada Sabtu 8 Juni 2013 lalu, sekira pukul 19.01 waktu setempat.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3443 seconds (0.1#10.140)